5 Tips Belajar Online yang Efektif dan Efisien

Belajar online saat ini menjadi kegiatan yang awam dilakukan para pelajar karena masih pandemi. Sama seperti kegiatan belajar offline atau tatap muka di sekolah, belajar online juga perlu pemahaman, sehingga murid-murid tak mengalami kesulitan untuk memahami pelajaran.

Orang tua juga berperan dalam kegiatan belajar online anaknya. Orang tua jadi bisa memantau seberapa jauh anaknya paham akan pelajaran yang disampaikan oleh gurunya.

Bagaimana Belajar Online yang Efektif?


Belajar online adalah kegiatan belajar yang dilakukan secara jarak jauh. Materi pembelajaran diberikan melalui whatsapp atau google form, zoom, google meet dan segala macam aplikasi belajar yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar berlangsung. Semuanya tentu tak lepas dari yang namanya internet.

Jika belajar tatap muka atau offline, anak-anak bertemu langsung dengan gurunya dan juga teman-teman di sekolah. Maka kegiatan belajar online dilakukan anak-anak di rumahnya. Cara komunikasi dengan guru dan teman – teman yaitu melalui zoom atau google meet yang disambungkan oleh internet.

Suasana belajar online tentu saja berbeda dengan belajar offline. Belajar online di rumah diawasi oleh orang tua dan cenderung tidak fokus. Berbeda dengan belajar di sekolah bersama teman-teman dan guru. Untuk membuat belajar online berhasil, pastikan belajar onlinenya efektif dan efisien.

Tips Belajar Online Efektif dan Efisien


Tips Belajar Online Efektif dan Efisien

Belajar online yang efektif dan efisien artinya belajar online yang tepat guna. Anak-anak menggunakan waktunya sebaik mungkin untuk menyimak pelajaran. Fokus pada materi yang diberikan oleh guru dan tetap serius meskipun belajarnya dari rumah.

Agar belajar online dilakukan efektif dan efisien, ada beberapa tips yang bisa diterapkan yaitu :

1. Siapkan Ruangan Khusus untuk Belajar Secaa Online


Belajar online di rumah biasanya dilakukan di dalam kamar atau ruang keluarga. Agar kegiatan belajarnya bisa fokus dan berhasil, ada baiknya disediakan ruangan khusus untuk belajar online. Jadi rasanya seperti tetap berada di dalam kelas.

Jika ruangan khususnya adalah di dalam kamar, pastikan selama belajar tidak ada yang mengganggu. Sehingga anak-anak bisa fokus belajar dan mendengarkan materi pelajaran dengan baik dan benar.

2. Buat Jadwal Belajar yang Konsisten


Jadwal yang konsisten membantu anak-anak untuk disiplin. Karenanya buatlah jadwal belajar yang rutin setiap harinya dan jalankan dengan sepenuh hati. Selesaikan tugas yang diberikan oleh guru tepat waktu.

3. Pastikan Internet Stabil Selama Belajar Secara Online


Internet mengambil peranan penting dalam proses belajar online. Karena itu pastikan di rumah dipasang wifi agar penggunaan internet bisa lebih hemat. Periksa koneksi internet sebelum belajar online berlangsung. Koneksi internet yang bagus akan mempermudah kegiatan belajar online berjalan dengan baik.

4. Siapkan Minuman dan Makanan Ringan untuk Menemani Belajar Online


Kegaiatan belajar online berlangsung dalam waktu yang lama. Tenang, anak-anak bisa menyiapkan makanan dan minuman agar belajar tidak jenuh dan membosankan.

Beri jeda beberapa menit untuk istirahat. Saat istirahat inilah anak-anak bisa makan atau minum. Belajar online tidak tegang dan menyenangkan.

5. Buat Ringkasan Evaluasi Belajar Online


Setiap kali selesai belajar online selesai, biasakan anak-anak untuk membuat ringkasan materi. Gunanya agar anak-anak bisa lebih paham dengan materi yang disampaikan oleh guru di sekolah. Ringkasan ini juga membantu anak-anak menjawab soal ketika ujian.

Tulislah materi penting yang disampaikan guru. Bisa juga dengan metode mindmap untuk mempermudah anak-anak dalam memahami pelajaran.

Belajar Online Bersama Bank BRI Indonesia Internet Banking


Belajar online tidak hanya belajar untuk urusan sekolah. Les dan kursus juga bisa dilakukan secara online. Tentu saja ada biaya yang dikeluarkan untuk belaja metode kursus. Meskipun demikian, hasil yang diperoleh lebih terlihat.

Hal tersebut dikarenakan para guru memiliki metode pembalajaran tertentu yang mampu membantu murid-muridnya untuk memahami materi pelajaran yang diberikan.

Orang tua pastinya sudah memikirkan tentang biaya pendidikan melalui belajar online di bebeapa pusat pembelajaran. Artinya orangtua harus menyiapkan tabungan pendidikan untuk anak-anaknya.

Bank BRI Indonesia Internet Banking membantu para nasabahnya untuk membuat tabungan pendidkan untuk anak-anak mereka. Tabugan pendidikan ini bisa dibuat melalui aplikasi Brimo, yaitu aplikasi keuangan milik BRI yang memberikan banyak kemudahan dalam transaksi online.

Orang tua bisa memilih untuk menyisihkan berapa uang yang dimiilkinya melalui aplikasi Brimo. Uang tabungan ini diusahakan hanya dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan sekolah anak-anak dan pisahkan dari kebutuhan lainnya.

Fitur dalam Brimo juga semakin lengkap dan mempermudah nasabah BRI dalam melakukan transaksi online. Salah satunya untuk membayar berbagai tagihan termauk uang pendidikan. Tak perlu datang ke kantor BRI untuk melakukan segala macam transaksi online, termasuk daftar belajar online. Cukup pakai Brimo, segala transaksi online dapat teratasi dengan baik.

Brimo bisa diunduh di playstore dan dapat langsung digunakan. Rasakan manfaat menggunakan Brimo dengan mengambil promo bri. Informasi selengkapnya ada di https://promo.bri.co.id/main/content/main/bri_mobile. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Tips Belajar Online yang Efektif dan Efisien"