Pengertian dan Fungsi Mesin Creasing Porforasi

Pernah melihat kartu undangan yang ditekuk dengan rapi, padahal kertas undangannya tebal. Atau karcis yang dilubangi kecil-kecil dengan jumlah karcis yang banyak.

Pernah terbayangkan tidak kalau undangan tersebut ditekuk satu per satu dengan tangan. Berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk melakukannya. Belum lagi jika hasilnya tidak rapi, ada tekukan yang tidak simetris atau kesalahan lainnya. Pemilik acara pasti sangat kecewa.

Hal menyedihkan seperti itu tidak akan terjadi jika kertas undangan ditekuk menggunakan mesin. Hasil tekukan lebih rapi, presisinya pas dan simetris. Mesin yang berfungsi untuk menekuk undangan dalam jumlah banyak dan hasil yang memuaskan tersebut adalah mesin creasing porforasi.

Apa itu Mesin Creasing Porforasi?

Apa itu Mesin Creasing Porforasi?



Mesin Porforasi atau mesin creasing porforasi adalah mesin yang bekerja untuk menekuk kertas. Baik kertas tipis maupun tebal dalam jumlah terbatas maupun banyak.

Mesin creasing porforasi terdiri dari lempengan alumunium sebagai tempat untuk meletakkan kertas yang akan ditekuk dan handle untuk melakukan creasing.

Cara kerjanya cukup sederhana. Setelah mengatur posisi creasing pada lempengan alumunium yang ada pada mesin, letakkan saja kertas di atasnya. Lalu tekan untuk mulai melakukan creasing atau penekukan kertas. Diamkan beberapa saat sampai kertas sudah tertekuk dan selesai.

Jenis Mesin Creasing Porforasi

Dilihat dari cara kerja mesin creasing porforasi, terlihat bahwa mesin creasing dioperasikan dengan tahapan atau langkah-langkah yang cukup mudah. Bedanya adalah pada cara pengoperasiannya. Ada yang dioperasikan secara manual dengan tangan manusia dan ada pula yang otomatis.

1. Mesin Creasing Manual

Sebagaimana namanya, mesin creasing porforasi manual masih dioperasikan secara manual oleh tangan manusia. Jadi untuk mengatur posisi mesin, meletakkan kertas pada lempengen alumunium dan menekan handle, semuanya dilakukan oleh tenaga manusia.

Ada 3 jenis mata pisau yang digunakan dalam mesin creasing manual ini. Mata pisau ini bisa menghasilkan single crease atau lipatan tunggal dan double crease atau lipatan ganda. Cover buku yang cukup tebal biasanya menggunakan lipatan ganda ini.

Mesin creasing manual ini cocok untuk usaha kecil yang menekuk kertas dalam jumlah terbatas. Kita bisa mengatur sendiri mesin menggunakan tangan, sesuai dengan kebutuhan.

2. Mesin Creasing Otomatis

Mesin creasing porforasi otomatis bekerja secara otomatis tanpa perlu campur tangan manusia. Kita hanya cukup mengatur kebutuhan pada panel control dan biarkan mesin bekerja dengan sendirinya. Cukup mudah dan praktis.

Mesin creasing otomatis disebut juga mesin creasing digital. Mesin ini dilengkapi dengan dua jenis mata pisau yang dapat melakukukan lekukan 30/50 lembar kertas tiap menitnya. Memori pengaturannya tersimpan dalam mesin, sehingga kita bisa mengeceknya dan melihat sudah berapa banyak kertas yang sudah ditekuk.

Mesin creasing otomatis ini biasanya digunakan untuk menekuk kertas dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang cepat. Mesin jenis ini cocok untuk usaha percetakan besar.

Fungsi Mesin Creasing Porforasi

Mesin creasing porforasi diperlukan di percetakan. Perannya sangat membantu dalam membuat cover buku yang cukup tebal atau menekuk undangan dalam jumlah banyak. Secara lebih detailnya, fungsi mesin creasing diantaranya yaitu :

1. Menekuk Kertas Dengan Presisi Pas

Menekuk kertas menjadi dua atau lebih adalah fungsi utama dari mesin creasing porforasi. Baik kertas tipis maupun tebal, bisa ditekuk dengan menggunakan mesin ini. Hasilnya pun rapi, presisinya pas dan akurat. Simetris dan tidak panjang sebelah.

Kertas yang bisa ditekuk dengan mesin creasing ini diantaranya kertas undangan, cover buku, dan lain-lain.

2. Membuat Garis Putus-Putus Pada Kertas Agar Mudah Disobek

Pernah melihat karcis, tiket atau nota yang ada garis putus-putusnya di bagian ujung kertas. Gunanya garis putus-putus ini adalah untuk memudahkan kertas disobek. Hasil sobekannya pun akan lebih rapi daripada disobek biasa menggunakan tangan.

Garis putus-putus tersebut berlubang dan menembus kertas, sehingga kertas mudah disobek dengan hasil yang rapi. Untuk membuat garis putus-putus seperti itu, diperlukan mesin creasing porforasi. Bayangkan jika kita melubangi satu tiket. 

Berapa banyak waktu yang kita perlukan untuk melakukannya. Dengan mesin creasing, membuat garis putus-putus seperti itu hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Cepat dan efisien.

3. Memotong Pinggiran Kertas Menjadi Lebih Rapi

Pada beberapa mesin creasing rupanya dilengkapi dengan rotary blade yang bisa merapikan pinggiran kertas. Hasilnya sobekan kertas menjadi lebih rapi. Seperti namanya, rotary blade memiliki mata pisau bulat yang bergerak memotong dengan cepat dan rapi.

Mesin Creasing Porforasi di Maxipro

Maxipro adalah distributor alat-alat percetakan terbesar dan terlengkap yang ada di Indonesia. Segala mesin yang dibutuhkan untuk usaha percetakan tersedia di Maxipro. Termasuk salah satunya mesin creasing porforasi ini.

Maxipro menyediakan berbagai jenis mesin creasing berkualitas terbaik dengan harga yang terbaik pula. Spesifikasinya lengkap dan tahan lama. Maxipro juga menyediakan spare part dari mesin creasing, sehingga untuk perawatannya juga terjaga.

Ada mesin jenis manual dan otomatis di Maxipro. Sesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda untuk kebutuhan Anda akan mesin creasing terbaik di Maxipro. Temukan mesin creasing porforasi di sini!

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Fungsi Mesin Creasing Porforasi"