Kenali Fungsi Hand Pallet Di Industri Manufactur

Industri manufaktur termasuk industry yang membutuhkan banyak alat berat untuk mempermudah pekerjaan. Mengingat banyak faktor yang terdapat dalam industry yang bergerak di bahan baku menjadi bahan jadi ini. Salah satunya adalah hand pallet. Alat yang bekerja untuk membongkar muat barang ini diperlukan di bagian gudang atau proyek lapangan.

Bongkar muat barang memang bisa dilakukan secara manual. Namun waktu yang diperlukan akan lama, sehingga menjadi kurang efisien. Karena itulah diperlukan alat bantu untuk bongkar muat barang dengan menggunkakan hand pallet.

Apa itu Hand Pallet ?


Apa itu Hand Pallet ?

Hand Pallet adalah alat bongkar muat yang digunakan untuk memindahkan barang dari satu muatan ke muatan yang lain. Muatan yang dibongkar biasanya berisi banyak barang, sehingga membutuhkan alat yang berat dan praktis, namun tidak sampai merusak barang yang dibongkar muat.

Pemindahan muatan menggunakan hand pallet akan mempersingkat waktu bongkar muat sehingga lebih efisien.

Hand Pallet umumnya memiliki ukuran panjang 1500 / 2000 mm, lebar 550/695 mm, roda 180x50 mm. Tenaga yang digunakan dalam Hand Pallet untuk mengangkut barang berasal dari tenaga Hydraulic yang menggunakan sistem pompa untuk menaikkan maupun menurunkan beban angkut barang.

Jenis-Jenis Hand Pallet


Hand Pallet memiliki beberapa jenis yang umumnya dipakai di industry manufaktur. Masing-masing memiliki keunggulannya sendiri-sendiri :

1. Hand Pallet Manual


Seperti namanya, Hand Pallet manual adalah alat bongkar muat yang dioperasikan secara manual. Barang yang bisa diangkut berkisar antara 1 sampai 5 ton. Dalam industry manufaktur, biasanya menggunakan hand pallet manual 3 ton atau 5 ton. Tergantung kebutuhan industrinya.

2. Hand Pallet Scale


Hand Pallet Scale disebut juga dengan hand pallet timbangan, karena terdiri dari perpaduan hand pallet timbangan digital. Cara kerjanya dilakukan dengan menekan tombol di layar hand pallet, sehingga mesin dapat bekerja secara otomatis.

Hand Pallet Scale biasanya mampu mengangkut barang dengan berat 2 ton.

3. Hand Pallet Electric


Hand Pallet electric adalah alat bongkar pasang dibantu dengan tenaga listrik dalam pengoperasiannya. Sistem eletrik yang digunakan mampu mempermudah mesin untuk menaikkan atau menurunkan barang, maupun memajukan dan memundurkan barang.

Hand pallet electric tersedia dalam rentang bongkar muat 1 sampai 5 ton. Hand Pallet electric yang umum digunakan dalam berbagai industry manufaktur biasaya hand pallet electric 3 ton.

4. Hand Pallet Roll


Hand Pallet Roll disebut juga dengan paper roll pallet truck. Ciri khasnya ada pada garpu berbentuk segitiga yang ada pada mesin. Gunanya untuk memindahkan barang dan mengangkatnya ke tempat yang diijinkan.

Hand pallet jenis Roll ini cocok untuk percetakan, industry kecil maupun besar. Tergantung seberapa banyak barang yang akan dibongkar muat. Semua jenis Hand Pallet di atas ada di Mega Jaya.

Fungsi Hand Pallet


Seperti yang sudah jelaskan mengenai jenis-jenis Hand Pallet di atas, dapat dilihat bahwa fungsi hand pallet berbeda dengan hand pallet pada umumnya. Fungsi hand pallet yang ada di Mega Jaya diantaranya yaitu :

1. Untuk Bongkar Muat Kontainer


Fungsi utama hand pallet adalah sebagai alat bantu yang siap untuk membongkar muatan dan mengangkutnya kembali. Beban barang yang bisa digunakan untuk beban 2 ton. Namun ada juga yang menggunakan hand pallet 3 ton atau 5 ton. Disesuaikan dengan kebutuhan dan gadget yang dipersiapkan.

2. Untuk Mengangkut Barang ke Tempat yang Berbeda


Hand Pallet juga berguna untuk mengangkut barang dari satu tempat ke tempat lainya. Mesinnya yang canggih dan dibuat dari bahan berkualitas, membuat hand pallet efektif untuk mengangkut barang tanpa merusaknya.

Hand pallet nampak lebih praktis untuk membongkar muatan 1 ton, 2 ton, 3 ton dan 5 ton. Biasanya dilengkapi dengan mesin untuk mempermudah pengoperasiannya.

3. Untuk Menimbang Barang


Hand pallet juga berfungsi untuk menimbang beban. Jangan sampai beban benda lebih banyak daripada beban yang sanggup ditahan oleh mesin hand pallet. Setelah ditimbang, barang akan lebih mudah diangkat karena beban barang diukur terlebih dahulu di mesin hand pallet.

Jual Hand Pallet di Mega Jaya


Mega Jaya adalah perusahaan distribusi lifting equipment yang terlengkap di Indonesia. Pengalamannya sudah lebih dari 35 tahun dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada 10.000 lebih pelanggan setianya.

Mega Jaya jual hand pallet berkualitas terbaik dengan harga terbaik pula. Desainnya menarik dan modern, perawatannya pun mudah. Tak heran jika hand pallet Mega Jaya mendapatkan kepercayaan lebih dari pelangganya.

Jenis hand pallet yang disediakan Mega Jaya pun beragam. Ada yang 3 ton maupun 5 ton. Semuanya dilengkapi dengan spesifikasi yang lengkap dan terjamin kualitasnya. Dapatkan hand pallet 3 ton disini. Informasi lengkapnya langsung saja kunjungi www.megajaya.co.id.

Posting Komentar untuk "Kenali Fungsi Hand Pallet Di Industri Manufactur"