5 Film Dokumenter Paling Menarik untuk Ditonton

Menonton film menjadi sebuah alternatif kegiatan untuk mengisi waktu luang. Anda dapat memilih genre film favorit untuk sekedar melepas penat, dari mulai thriller, drama hingga film dokumenter.

Meski film dokumenter terkesan serius dan membosankan, namun genre ini memiliki peminatnya tersendiri. Film dokumenter lawas pun kembali populer karena menarik perhatian dari para penikmat genre ini. Salah satunya adalah film callmekuchu.

Callmekuchu merupakan film dokumenter asal Uganda tentang perjuangan komunitas LGBT. Ini menjadi film pertama asal Uganda yang cukup sensasional dan menyabet banyak penghargaan.

Selain callmekuchu, berikut kami hadirkan daftar film dokumenter terbaik dan menarik untuk ditonton:

Rekomendasi Film Dokumenter Menarik

Film Dokumenter Paling Menarik untuk Ditonton

Film dokumenter adalah film yang diproduksi berdasarkan dokumentasi suatu kejadian berdasarkan kenyataan dan fakta.

Penggalian cerita dari tokoh yang terlibat atau saksi kejadian adalah daya tarik dari film dokumenter. Bagi Anda yang berencana menghabiskan waktu untuk menonton film dokumenter, rekomendasi film dokumenter berikut wajib ada dalam daftar tontonan Anda:

Ice Cold

Tahun 2016, kasus kematian di sebuah coffee shop menjadi berita yang cukup viral dan menyita perhatian publik. Kasus ini dikenal dengan kopi sianida.

Kisah kopi sianida ini sangat menarik dengan intrik kejahatan serta spekulasi liar di masyarakat. Hadirnya film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso menjadikan kasus ini viral kembali.

Ice Cold menghadirkan kembali cerita-cerita persidangan, bahkan mengulas berbagai pertanyaan yang tidak terjawab selama persidangan.

Ayah Mirna, Otto Hasibuan selaku pengacara tersangka serta dokter forensik dr Djaja Surya Atmadja menjadi daya tarik.

Senyap

Jika Anda bertanya apa itu film dokumenter lokal layak tonton? Maka film berjudul Senyap adalah jawabannya.

Film Senyap menyuguhkan gambaran peristiwa G30S PKI dari sudut pandang korban melalui penuturan kisah Adi.

Adi yang merupakan adik dari salah satu korban pembunuhan massal. Ia memberanikan diri untuk mengulik kisah para algojo yang membunuh Ramli, sang kakak dalam peristiwa nahas tersebut.

Jagal

Anda yang tertarik dengan fakta sejarah kemerdekaan Indonesia, wajib menonton film dokumenter berjudul, “Jagal”.

Jagal berbicara tentang para pelaku pembantaian yang terlibat Partai Komunis Indonesia (PKI) di kawasan Sumatera Utara. Sang algojo, Anwar Congo mengungkapkan bagaimana Ia membunuh ratusan orang pada masa itu.

Film Jagal memberikan sudut pandang lain dibalik kejadian peristiwa G30S PKI. Melalui film ini terungkap fakta bahwa terdapat kasus yang jauh lebih besar untuk diketahui dari sekedar pengkhianatan PKI kala itu.

Citizenfour

Film ini meraih penghargaan piala Oscar sebagai best documentary film. Citizenfour merupakan film yang mendokumentasikan rahasia skandal dari NSA (National Security Agency) lewat penuturan Edward Snowden pada sang sutradara Laura Poitras.

Citizenfour tentunya sangat menarik untuk ditonton mengingat Snowden merupakan mantan anggota NSA. Penuturan bagaimana NSA yang telah terlibat dalam pengintaian secara global menjadi perhatian dan membuat geram seluruh warga dunia.

The Tinder Swindler

Bukan rahasia lagi jika internet adalah sarang dari penipuan. Film The Tinder Swindler menjadi film dokumenter yang merangkum bagaimana sejumlah orang tertipu dengan paras rupawan aplikasi dating online.

The Tinder Swindler mengangkat kisah nyata dari sejumlah perempuan di Norwegia yang menjadi korban penipuan seorang pria Simon Leviev.

Simon Leviev berhasil memperdaya korban baik itu secara emosi maupun finansial. Simon berhasil membentuk citra sebagai sosok pria idaman yang memiliki paras rupawan dengan finansial mapan.

Jerat tersebut menggiring para korban untuk memberikan bantuan finansial yang cukup fantastis. Hingga akhirnya para korban pun tersadar dan melakukan laporan penipuan hingga pada akhirnya film ini dibuat.

Demikian 5 rekomendasi film dokumenter yang layak ditonton untuk mengisi waktu libur Anda sekaligus menambah khasanah pengetahuan dari sudut pandang berbeda.

Posting Komentar untuk "5 Film Dokumenter Paling Menarik untuk Ditonton"