5 Universitas dengan Fasilitas Terbaik untuk Jurusan Farmasi

Selain kedokteran, farmasi termasuk dalam jurusan yang paling diminati. Prospek karir yang jelas membuat para peminatnya tak pernah surut dari tahun ke tahun. Saat ini pun sudah banyak universitas atau perguruan tinggi yang menghadirkan jurusan tersebut.

Farmasi adalah ilmu yang mempelajari berbagai hal tentang obat, tapi segmennya kini bisa jadi lebih luas seperti ke kategori makanan, kosmetik, suplemen dan sebagainya. Bukan hanya membuat obat, tapi Anda juga bisa mempelajari tentang pemasaran obat tersebut dan lain-lain.

Daftar Universitas dengan Jurusan Farmasi Terbaik

Universitas dengan Fasilitas Terbaik untuk Jurusan Farmasi

Indonesia mempunyai banyak universitas yang ada jurusan farmasi, jadi Anda bisa memilih mana yang sekiranya sesuai dengan keinginan. Berikut daftar universitas tersebut!

Universitas Indonesia

Bicara tentang universitas farmasi terbaik tentu Universitas Indonesia menjadi pilihan paling utama karena banyak keunggulan dari kampus tersebut. Jurusan ini termasuk yang terbaik di UI dengan pelajaran farmasi yang mencakup beberapa program studi.

Anda bisa mencoba berbagai program studi mulai dari Sarjana Farmasi, Profesi Apoteker, Magister Ilmu Kefarmasian, Doktor Ilmu Farmasi bahkan Magister Ilmu Herbal. UI tak hanya terkenal dengan fasilitasnya, tapi juga karena menghasilkan banyak lulusan terbaik di setiap jurusannya.

Universitas Airlangga

Disingkat dengan UNAIR, mengambil jurusan farmasi di kampus ini juga tak kalah bagusnya. Apalagi prospek kerja farmasi ketika lulus dari Universitas Airlangga juga sangat menjanjikan mengingat UNAIR sangat populer di Indonesia.

Bahkan untuk peringkat globalnya, Universitas Airlangga menempati ranking 643. Beberapa program studi yang bisa ditempuh mulai dari Sarjana Farmasi, Pendidikan Apoteker Jenjang Sarjana dan Profesi, Doktor Ilmu Farmasi, Magister Ilmu Farmasi, Spesialis Farmasi hingga Magister Farmasi Klinik.

Universitas Diponegoro

Salah satu universitas terbaik lainnya dengan fasilitas yang lengkap untuk jurusan farmasi tak lain adalah UNDIP atau Universitas Diponegoro. Berdasar pada pengertian farmasi itu sendiri, program studi yang ditawarkan di UNDIP menggunakan pendekatan holistik.

Pastinya dengan fakta tersebut kurikulum yang dirancang untuk pembelajaran farmasi mencakup proses pengembangan pemahaman yang lebih dalam terkait sains farmasi, klinis hingga untuk industri.

Institut Teknologi Bandung

Kampus paling bergengsi di Bandung ini juga tak kalah banyak peminatnya. Walau yang paling terkenal adalah jurusan teknik, tapi untuk farmasinya ITB juga memiliki fasilitas yang sangat memadai.

Setiap program studi yang dihadirkan di kampus satu ini lebih menekankan terhadap integrasi antara sains dan teknologi. Nantinya dalam proses pembelajaran, setiap mahasiswa dapat memiliki kesempatan untuk berkontribusi secara langsung terhadap penelitian serta pengembangan obat-obatan.

Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada mungkin sangat tidak asing bagi kita semua. Sebagai perguruan tinggi negeri yang cukup populer di Indonesia, jurusan farmasi di UGM sudah diakui baik dalam taraf nasional hingga internasional.

Hal itu karena kurikulum yang dihadirkan dalam pembelajaran farmasi di kampus ini terbilang sangat komprehensif, bukan cuma sebatas teori tapi juga praktik langsung. Jurusan farmasi di UGM juga kerap sangat aktif dalam proses riset hingga pengembangan obat yang dibutuhkan masyarakat.

Aktif bergabung dalam komunitas, grup atau organisasi yang berhubungan dengan dunia farmasi dapat memperluas pengetahuan Anda. Dalam hal ini PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) https://pafigayolues.org/ dapat membantu Anda untuk hal tersebut.

PAFI yang berdiri sejak tahun 1946 telah menjadi telah berusaha untuk terus mengembangkan ilmu farmasi dan menjadi wadah yang tepat bagi seluruh ahli farmasi yang ada di Indonesia. Lihat informasi selengkapnya di https://pafigayolues.org/.

Posting Komentar untuk "5 Universitas dengan Fasilitas Terbaik untuk Jurusan Farmasi"