Apa yang Dimaksud Zero Emission?

Zero emission sedang diupayakan oleh semua pihak di seluruh dunia demi tercapai pada tahun 2050. Yang mana sebagai upaya membatasi pemanasan global pada suhu 1,5 derajat celcius yang mana di atas rata-ratanya.

Pemanasan global juga adalah peningkatan dari suhu rata-rata permukaan bumi yang sebagian besarnya justru dipicu oleh ragam aktivitas manusia. Apabila suhu bumi sudah melebihi ambang batasnya, maka para ilmuwan telah memprediksi dampak pemanasan global yang semakin memburuk.

Mengenal Apa Itu Zero Emission

Net zero adalah emisi nol bersih yang fokus pada pencapaian keseimbangan secara keseluruhan antara emisi gas rumah kaca yang dapat dihasilkan dan juga yang dikeluarkan dari atmosfer.

Jadinya, kondisi tersebut adalah jumlah emisi karbon yang telah dihasilkan oleh manusia seimbang dengan jumlah penyerapan karbon oleh alam melalui sejumlah sistem alamiah seperti tanah, air, tumbuhan, laut dan lainnya.

Perlu untuk Anda ketahui sebelum revolusi industri emisi karbon beserta jumlah yang terserap dapat dikatakan berjalan seimbang. Akan tetapi, sayangnya setelah ditemukannya mesin uap dan terjadilah emisi karbon yang menjadi permasalahan mesti diatas secepat mungkin.

Upaya Zero Emission Diterapkan Langsung Melalui CXR BRI

Apa yang Dimaksud Zero Emission?

CXR BRI adalah plaform yang fokus pada memfasilitasi dan juga mendemokratisasi perdagangan karbon guna mengoptimalkan potensi pasar karbon di Indonesia. Adapun Carbon eXchange Rakyat atau CXR ini diperkenalkan oleh Bank Rakyat Indonesia (Bank BRI) yang berkolaborasi dengan PT Bringin Inti Teknologi (BTI), perusahaan penyedia layanan teknologi.

Adapun industri karbon terus jadi perhatian mengingat perubahan iklim yang menjadi tantangan ekonomi dunia. perdagangan kredit karbon pun menjadi salah satu solusi utama bagi negara-negara yang dalam meratifikasi Paris Agreement guna memperlambat laju perubahan iklim.

Indonesia dikenal sebagai pemilik hutan hujan tropis terbesar ketiga dan mampu menyimpan 17 persen cadangan blue carbon dunia, setidaknya bisa menyerap hingga 113.8 giga ton total dari emisi karbon global.

Dengan memahami tantangan dan kekayaan tanah air, BTI pun mengembangkan CXR BRI yang telah fokus pada voluntary market (pasar karbon sukarela) dengan berbekal teknologi berbasis blockchain guna menjadi fasilitas jual beli kredit karbon yang aman dan juga transparan.

Carbon eXchange Rakyat (CXR) ini sudah bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (Bank BRI) yang berhubungan dengan layanan fasilitas dan juga market insight. Sebagai perusahaan keuangan terbesar yang berdiri di Indonesia, BRI pun secara aktif mendukung inisiatif yang bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Daftar Perusahaan yang Menerapkan Konsep Zero Emission di Indonesia

Daftar perusahaan yang menerapkan konsep zero emission di Indonesia maupun go green sudah bermunculan. Ada banyak sekali keuntungan yang dapat diperoleh perusahaan. Hingga sekarang ini, sudah banyak orang yang mulai sadar untuk mencoba menggunakan produk yang baik untuk alam, sehingga perusahaan-perusahaan besar pun akhirnya tertarik. Lantas, ada berapa jumlah industri yang menerapkan zero emission di Indonesia bisa Anda ketahui dibawah ini:

1. Pertamina

Pertamina sebagai perusahaan negara minyak dan gas terbesar di indonesia sudah menunjukkan komitmen pada lingkungan hijau. Pertamina juga sukses menunjukkan dirinya sebagai panutan bagi perusahaan lainnya untuk ramah lingkungan.

Pertamina pun sudah menerapkan cara kerja zero emission pada industri hijau dan mempersiapkan inisiatif guna mendorong kontribusi energi baru terbaru 17 persen pada tahun 2030. Inisiatif tersebut telah didesain pada Rencana Jangka Panjang Perusahaan atau RJPP dengan target penurunan emisi hingga 29 persen.

2. Adaro Energy

Perusahaan yang menerapkan net zero emissions selanjutnya adalah PT Adaro Energy Indonesia Tbk yang fokus pada pengembangan aktivitas perusahaan menuju masa depan yang lebih baik lagi. Pertumbuhan laba bersih Adaro sudah menyentuh 191 persen menjadi 38,8 triliun rupiah dan menjadi sumber modal guna melalui transformasi ke sumber energi rendah emisi dan terbarukan.

Walaupun Adaro ini berada di sektor yang bertentangan dari segi lingkungan, sosial dan juga tata kelola, komitmen perusahaan pun jadi tantangan yang dianggap peluang. Guna mencapai ekonomi hijau, Adaro pun sudah menerapkan tindakan optimal bagi perusahaan.

Zero emission jadi fokus untuk seluruh negara-negara di dunia demi tercapainya emisi nol guna keberlanjutan kehidupan di bumi dan mengurangi pemanasan global yang kini kian memprihatinkan.

Posting Komentar untuk "Apa yang Dimaksud Zero Emission?"