Mengenal Pengertian Foyer, Manfaat dan Inspirasi Desainnya

Sebagian besar orang mungkin merasa asing dengan istilah foyer, karena konsep foyer biasa diterapkan pada rumah di Eropa. Namun seiring perkembangan tren interior, desain foyer mulai diadopsi oleh rumah Indonesia. Lalu sebenarnya apa itu foyer? Apa saja manfaatnya, dan bagaimana tampilan desainnya? Untuk mengetahui jawabannya, simak artikel berikut.

Pengertian Foyer

Pada dasarnya foyer adalah sebuah ruangan yang menjadi penghubung antara pintu masuk rumah ke ruangan lainnya. Foyer juga dapat dipahami sebagai area yang dilewati sebelum masuk ke dalam ruangan. Seiring berjalannya waktu, foyer tidak hanya dianggap sebagai ruang penghubung saja, namun merupakan bagian dari interior rumah yang berfungsi sebagai ruang paling depan.

Posisinya yang berada tepat setelah pintu masuk menjadikan foyer sebagai ruang peralihan antara teras rumah dan ruang tamu. Tak heran jika banyak orang yang menganggap area ini bermanfaat untuk menyambut tamu yang akan datang. Karena berfungsi sebagai ruang peralihan, biasanya area foyer tidak diisi dengan perabotan besar yang menghalangi jalan.

Manfaat Foyer

Keberadaan foyer dalam interior rumah memberikan banyak sekali manfaat. Area foyer dapat menjadi area yang memberikan kesan pertama untuk siapapun yang datang ke rumah Anda. Maka dari itu, mendesain foyer sedemikian rupa bisa menjadi salah satu cara efektif untuk memberikan kenyamanan kepada tamu.

Selain menjadi area yang menyambut tamu, biasanya foyer juga dijadikan tempat untuk melepas atribut yang digunakan di luar rumah, seperti sepatu, jaket, dan payung. Hal tersebut tentunya dapat mencegah kotoran dari luar masuk ke dalam rumah.

Inspirasi Desain Foyer

Jika Anda tertarik untuk membuat foyer, simak inspirasi desain foyer berikut untuk diadaptasi.

1. Desain Foyer Elegan

Desain Foyer Elegan

Konsep interior foyer elegan bisa Anda terapkan dengan memberikan sentuhan kayu. Lengkapi area foyer dengan lemari atau meja kayu untuk memberikan kesan mewah. Jangan lupa juga tambahkan beberapa hiasan seperti susunan lilin, bunga, atau hiasan dinding untuk melengkapi desain foyer Anda.

Dalam memilih properti, usahakan untuk menyusun properti dengan warna yang senada agar komposisi ruangan terlihat apik. Pilihlah juga warna cat tembok yang netral, seperti putih, krem, atau coklat muda agar kesan elegan semakin terlihat.

2. Desain Foyer Minimalis

Desain Foyer Minimalis

Salah satu konsep foyer yang paling diminati adalah desain foyer minimalis. Anda cukup menambahkan properti berupa keset bulu tebal serta hiasan vas bunga di pojok ruangan. Jangan lupa juga letakkan kursi minimalis agar membuat area foyer terlihat semakin nyaman.

3. Foyer Sekaligus Tempat Penyimpanan

Foyer Sekaligus Tempat Penyimpanan

Selain dijadikan area penghubung teras dengan ruang utama, foyer juga dapat dimanfaatkan sebagai area penyimpanan barang lho! Letakkan rak minimalis di area foyer untuk menyimpan barang. Beberapa barang yang bisa disimpan di area foyer diantaranya adalah buku, sepatu, atau barang-barang lain yang berukuran kecil.

Jangan lupa juga untuk memilih rak dengan ukuran yang tidak terlalu besar agar tidak menghalangi jalan masuk ke rumah.

4. Foyer Ruang Multifungsi

Foyer Ruang Multifungsi

Jika Anda memiliki rumah berukuran besar, Anda bisa membuat foyer multifungsi lho! Area foyer bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk meletakan barang-barang yang digunakan di luar rumah, seperti jaket, tas, sepatu dan masih banyak lagi.

Bila memungkinkan, Anda bahkan bisa membuat ruang steril seperti ruang ganti baju atau kamar mandi di area foyer yang dapat dimanfaatkan untuk membersihkan diri. Adanya ruang steril di area foyer sangat bermanfaat untuk mencegah virus maupun kotoran dari luar masuk ke dalam rumah.

Beberapa Rumah di Gading Serpong menyediakan area foyer multifungsi. Anda bisa memilih unit Gading Serpong yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Desain Foyer Simpel

Desain Foyer Simpel

Desain foyer simpel merupakan desain foyer rumah yang paling mudah untuk diadaptasi. Anda bisa mendekornya dengan meletakan meja minimalis serta kaca di area foyer. Jangan lupa juga tambahkan keset di area dekat pintu masuk rumah.

6. Desain Foyer Sepetak

Desain Foyer Sepetak

Jika lahan foyer sangat terbatas, manfaatkan setiap space di ruangan dengan maksimal. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan gantungan di pojok ruangan yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan baju, topi, atau jas hujan. Bila memungkinkan, Anda juga bisa menambahkan cermin yang menempel pada tembok untuk memberikan kesan luas pada ruangan.

7. Desain Foyer Aesthetic

Desain Foyer Aesthetic

Para pencinta desain aesthetic tentunya sudah familiar dengan ornamen kayu serta bunga kering yang mempercantik ruangan. Anda bisa menerapkan desain foyer aesthetic dengan meletakkan properti sederhana seperti kayu dan meja bernuansa coklat. Beberapa bunga kering juga bisa Anda susun di dalam vas dan diletakkan di area foyer.

Bila area foyer cukup luas, tidak ada salahnya untuk berkreasi dengan menambah dekorasi tambahan, seperti pajangan kayu, pernak-pernik berbahan kaca, atau hiasan lainnya. Namun jangan sampai area foyer terlalu penuh agar tetap memberikan kesan lega.

8. Desain Foyer Sederhana

Desain Foyer Sederhana

Desain foyer sederhana juga merupakan salah satu konsep foyer yang paling mudah dicoba. Anda bisa menghias area foyer dengan tanaman berukuran sedang yang diletakkan di dekat pintu rumah. Tambahkan juga gantungan baju di sudut ruangan untuk menaruh barang yang sudah dipakai di luar rumah.

Jika masih terdapat space kosong, tambahkan cermin kaca tinggi bisa disandarkan di sudut ruangan. Selain dapat digunakan untuk bercermin, kaca tinggi juga bisa membuat suasana rumah menyenangkan.

Itulah penjelasan mengenai desain foyer lengkap dengan manfaat dan inspirasi desainnya. Jika Anda tertarik untuk memiliki rumah dengan foyer, kunjungi Cari Properti yang menyediakan pilihan rumah modern berkualitas. Banyak sekali opsi rumah yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Posting Komentar untuk "Mengenal Pengertian Foyer, Manfaat dan Inspirasi Desainnya"