9 Jenis Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Berbicara tentang kesehatan berarti berbicara tentang kesempatan. Saat seseorang sehat, maka semakin besar pula peluangnya untuk memanfaat kesempatan yang ada. Disitulah kamu membutuhkan asuransi kesehatan untuk menjamin perlindungan kesehatanmu.

Untuk memperbesar peluangmu dalam memanfaatkan kesempatan yang ada, kamu harus berada dalam kondisi yang benar-benar sehat. Dimana kesehatan itu sudah memiliki perlindungannya sendiri. Ada banyak jenis asuransi kesehatan terbaik yang bisa kamu pilih.

Jenis Asuransi Kesehatan di Indonesia

Jenis Asuransi Kesehatan di Indonesia

Jenis asuransi kesehatan dapat dikategorikan berdasarkan cara perawatannya, biaya yang dibebankan, pihak yang ditanggung, cara pembayaran, dan pihak penyelenggara. Diantara kategori tersebut, berikut ini jenis asuransi kesehatan terbaik yang perlu kamu ketahui.

1. Rawat Inap

Asuransi ini akan membayarkan seluruh dana yang dikeluarkan selama melakukan proses rawat inap. Ketika mendengar keputusan bahwa seseorang harus melakukan rawat inap, yang terlintas difikiran kebanyakan orang yaitu biayanya yang mahal.

Dengan melakukan rawat inap di Rumah Sakit, berarti kamu juga harus menyiapkan ekstra waktu, tenaga, dan biaya untuk akomodasi orang yang menunggui si pasien. Biaya ekstra ini akan terasa berat bagimu jika kamu tidak memiliki asuransi kesehatan.

Bayangkan saja jika kamu harus melakukan rawat inap dalam jangka waktu yang cukup lama tanpa menggunakan asuransi kesehatan. Itu berarti bahawa kamu harus menanggung secara mandiri atas biaya ruangan rawat inap, obat-obatan, konsultasi dokter, cek lab, dll.

Jika seluruh dana itu ditotal maka besar kemungkinan akan mencapai jutaan. Hal ini akan semakin menyesakkan ketika kamu berperan sebagai si pencari nafkah tapi kamu harus terbaring tak berdaya di ruang rawat inap tersebut sehingga tidak ada sumber pemasukan.

Jika kamu sudah memiliki dana darurat atau tabungan, mungkin dana itu bisa kamu gunakan dalam kondisi darurat seperti ini. Namun ada baiknya jika kamu menambahkan satu pos keuangan lagi dalam perencanaan finansialmu untuk dana kesehatan.

Dana kesehatan ini bisa kamu simpan dalam bentuk tabungan kesehatan ataupun asuransi kesehatan. Dengan adanya pos keuangan khusus untuk kesehatan, maka kamu akan merasa lebih tenang jika suatu saat terjadi permasalahan dengan kesehatanmu.

2. Rawat Jalan

Tipe asuransi ini serupa dengan asuransi rawat inap. Bedanya yaitu, untuk rawat jalan ia tidak perlu membayar sejumlah dana untuk ruangan rawat inap karena pasien tidak menginap di Rumah Sakit.

Mungkin sebagian dari kamu akan lebih memilih jenis asuransi rawat jalan daripada asuransi rawat inap. Selain pasien yang bisa merasa bebas karena tidak perlu berdiam di atas ranjang Rumah Sakit, dengan asuransi ini juga membuatmu terbebas dari biaya ekstra.

Meskipun orang-orang akan lebih memilih asuransi rawat jalan, tapi kamu juga perlu mempertimbangkan siapa yang akan menggunakan asuransi tersebut. Pertimbangan ini untuk mengantisipasi jika ternyata pasien tersebut lebih membutuhkan fasilitas rawat inap.

3. Manfaat Khusus

Selain pilihan asuransi rawat inap dan rawat jalan, ada perusahan asuransi kesehatan yang menawarkan asuransi dengan manfaat khusus. Maksud dari asuransi manfaat khusus yaitu biaya yang dibayarkan akan diganti dengan hal-hal khusus.

Hal-hal khusus itu meliputi biaya ambulans, laporan klinis, alat kesehatan, dll. Sayangnya, tidak semua perusahaan asuransi menawarkan jenis asuransi ini. Maka dari itu pilihlah perusahaan asuransi kesehatan terbaik di Indonesia agar mendapat pilihan yang lengkap.

4. Cashless

Asuransi cashless akan memberikan nasabahnya sebuah kartu untuk mendapatkan pelayan kesehatan yang dibutuhkan tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan. Nasabah jenis asuransi ini hanya perlu menunjukkan kartu member asuransi tersebut ke petugas admin.

5. Reimburse

Jika pada asuransi cashless kamu hanya diminta menunjukkan kartu, pada asuransi reimburse si nasabah akan diminta untuk membayarkan dana yang dibutuhkannya terlebih dahulu secara mandiri. Setelah itu ia akan mendapat gantinya dari perusahaan asuransinys.

6. Individu

Asuransi individu hanya mampu membiayai untuk urusan kesehatan bagi si pemilik asuransi saja. Sehingga, ketika ada anggota keluarga yang sakit, asuransi individu ini tidak bisa ikut dimanfaatkan oleh orang lain meskipun dia masih merupakan kerabat dekat.

7. Kelompok

Asuransi kelompok memungkinkan para anggotanya untuk menikmati berbagai fasilitas yang tertera dalam polis asuransi kesehatan tersebut. Jenis asuransi kelompok ini bisa digunakan untuk asuransi keluarga, komunitas, ataupun perusahaan tertentu.

8. Swasta

Asuransi swasta dioperasikan dan dikendalikan oleh pihak swasta. Pada umumnya jenis asuransi ini akan memberikan pelayanan yang lebih lengkap dan memuaskan. Kamu bisa memilih jenis asuransi swasta yang terpercaya untuk memenuhi kebutuhan asuransimu.

9. Pemerintah

Asuransi pemerintah merupakan jenis asuransi yang pengelolanya yaitu berasal dari pemerintah. Contoh asuransi pemerintah yaitu Program BPJS yang bisa dinikmati oleh berbagai lapisan masyarakat dengan membayarkan sejumlah iuran tiap bulannya.

Axa Mandiri, Rekomendasi Asuransi Kesehatan

Jika kamu belum memiliki referensi untuk asuransi kesehatanmu, kamu bisa memilih Axa Mandiri. Axa Mandiri menyediakan berbagai macam klaim seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil All Risk, dan asuransi mobil TLO.

Ketika kamu memilih Axa Mandiri sebagai penyedia asuransi kesehatanmu, maka kamu bisa menikmati berbagai fasilitas di Rumah Sakit rekanannya. Rumah Sakit rekanannya ini sudah tersebar diberbagai kota di Indonesia.

Beberapa Rumah Sakit rekanan yang disediakan oleh Axa Mandiri tersebar di Jakarta, Jawa Barat, Aceh, Bali, Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Jika ada hal yang ingin kamu tanyakan seputar Axa Mandiri, kamu bisa menghubungi call center yang melayani 24 jam.

Memilih asuransi kesehatan memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Untuk tahap awal tentu kamu membutuhkan berbagai informasi terkait asuransi. Untuk mendapatkan berbagai info terkait asuransi tersebut, kamu bisa cek di akun Lifepal.co.id.

Pada laman awal kamu akan disuguhkan berbagai kategori asuransi, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi perjalanan, asuransi syariah, dan asuransi pendidikan. Untuk membacanya kamu hanya perlu memilih ikon yang disediakan.

Sedangkan untuk asuransi kesehatan sendiri, kamu bisa memilih menu kesehatan, rawat jalan, melahirkan, gigi, keluarga, dan Hospital Cash Plan. Apapun informasi terkait asuransi bisa kamu temukan di Lifepal.co.id dengan mudah.

Selain banyaknya tawaran lainnya yang diberikan di laman tersebut, kamu juga bisa melakukan registrasi asuransi kesehatan di sana. Untuk informasi lebih lanjutnya, kamu bisa menghubungi kontak WA yang tersedia pada pilihan menu di laman tersebut.

Posting Komentar untuk "9 Jenis Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia"