5 Fakta Menarik Karier Data Scientist

Data science adalah satu cabang ilmu yang belakangan ini banyak diperbincangkan. Kenapa? Sebab, jurusan ini dianggap memiliki prospek kerja yang lebih menjanjikan, untuk mengimbangi pesatnya inovasi teknologi dan digitalisasi di berbagai sektor.

Jadi, secara sederhana, data scientist atau ilmuwan data ini adalah salah satu sektor keahlian yang banyak dibutuhkan di masa mendatang. Data scientist sendiri adalah sebuah program yang banyak berkaitan dengan ilmu pasti, seperti matematika, statistika hingga komputerisasi.

Bagaimana prospek kerja data scientist? Nah, satu fakta yang perlu teman-teman ketahui adalah bahwa permintaan terhadap pekerja di bidang ini sangatlah tinggi, tapi ternyata tidak dibarengi ketersediaan tenaga yang mencukupi

Fakta Menarik Tentang Data Scientist : Tenaga Kerja yang Banyak Dilirik di Masa Depan

Fakta Menarik Tentang Data Scientist : Tenaga Kerja yang Banyak Dilirik di Masa Depan

1. Gaji Besar

Salah satu alasan mengapa para data scientist ini mendapatkan gaji tinggi adalah, karena tidak banyak perusahaan yang memilikinya. Seperti yang tadi dijelaskan, bahwa lulusan di bidang ini belum banyak.

Alasan lainnya adalah karena tidak banyak pekerja organik perusahaan yang mampu mengolah data sebagaimana keahlian tenaga kerja di bidang ini.

Karenanya, untuk para pemula, biasanya mendapatkan gaji berkisar antara 6 - 10 juta. Sedangkan yang sudah pro (ahli), sangat mungkin digaji lebih dari 10 juta sebulan!

Bagaimana? Tergiur dengan upahnya yang cukup menjanjikan ini?

2. Kesempatan Kerja Tinggi

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Yakni banyaknya perusahaan yang membutuhkan pekerja di bidang ini. Bahkan, kenaikan permintaan terhadap tenaga ini sudah dimulai sejak 2020 yang lalu.

Jika melihat kondisi pasar, maka kuliah data science terbilang pilihan yang sangat bijak dan menjanjikan. Karena memang prospek kerja di masa depan, akan banyak berhubungan dengan pengolahan data.

3. Memiliki Andil Dalam Pengambilan Keputusan

Seperti yang kita ketahui, bahwa pekerjaan utama para pekerja ini adalah mengolah data sedemikian banyaknya.

Pengolahan dan pembacaan data ini, tentu butuh analisa yang tepat. Sebab tidak semudah membaca grafik atau tabel saja. Ada jutaan hingga milyaran data yang masuk. Dengan demikian, solusi atau insight dari data scientist sangatlah penting.

Itulah mengapa, posisi ini bisa dibilang cukup vital di perusahaan.

4. Interdisiplin Ilmu

Interdisiplin ilmu berarti lintas ilmu. Yang artinya adalah, bahwa data scientist ini adalah bisa dari berbagai bidang keilmuan. Namun perlu digaris bawahi, bahwa menjadi data scientist artinya kita harus memiliki keahlian khusus.

Kemampuan yang harus dimiliki antara lain memahami bahasa pemrograman, algoritma hingga ilmu pemodelan.

5. Fokus Pada Proses Pekerjaan

Seorang data scientist, tentu butuh jam terbang yang tinggi. Sebab pekerjaannya adalah berkaitan dengan proses, mulai dari ketika data diterima, diolah hingga disajikan.

Itulah mengapa, tidak serta merta semua orang bisa menjadi seorang data scientist.

Kuliah Data Science? Kenapa Tidak!

Kuliah Data Science? Kenapa Tidak!

Ingin kuliah data science? Tentu ini pilihan yang baik. Untuk teman-teman yang ingin mempelajari lebih dalam tentang bidang data scientist ini bisa mendalaminya di data science UBM (Universitas Bunda Mulia).

Di data science UBM, teman-teman akan dilatih sedemikian rupa untuk bisa menjadi ahli muda dalam bidang keilmuan yang satu ini.

UBM bertekad untuk mencetak lulusan muda dengan memiliki kompetensi yang dibutuhkan banyak sektor perusahaan, sehingga mampu bersaing di pasar global.

Sebab, UBM sudah bekerjasama dengan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) dan Data Science International Certification untuk memberikan sertifikasi pada lulusannya yang akan diakui secara global.

Meskipun data science UBM merupakan salah satu prodi baru, tapi teman-teman tidak perlu khawatir. Sebab proses belajar nantinya akan terfokus pada keahlian dan pengalaman peserta didiknya. Bukankah dua hal ini yang kita butuhkan?

Informasi menarik selanjutnya adalah bahwa prodi ini (data science UBM), merupakan kerjasama antara pihak UBM dengan dua professional data science. Yang mana, pengajar di sana adalah gabungan dari para akademisi dan praktisi yang sudah diakui keilmuannya.

Tidak hanya itu saja. Di data science UBM sendiri, ada beberapa peminatan yang bisa teman-teman pilih nantinya. Antara lain adalah Analis Data Visual di E-commerce dan Industri Retail, Desainer Data Besar dan Teknisi Aplikasi Data Science.

Bagaimana, bukankah ini menarik? Yuk jadi keluarga besar data science UBM!

Posting Komentar untuk "5 Fakta Menarik Karier Data Scientist"