Cara Menangani Aplikasi Susah Dibuka di Android

Kecanggihan pada teknologi yang ada pada smartphone saat ini, tidak terlepas dari kemunculan beragam aplikasi yang ada. Setiap aplikasi memiliki fungsi-fungsi sendiri yang beragam sesuai kebutuhan. Ada 2 jenis aplikasi yang beradi di android, yaitu aplikasi penggunan dan aplikasi sistem.


Cara Menangani Aplikasi Susah Dibuka di Android

Aplikasi pengguna merupakan aplikasi tambahan yang kamu download melalui Play Store, sedangkan Aplikasi sistem adalah aplikasi bawaan pabrik. Keduanya bekerja salaing melengkapi ataupun bekerja sendiri-sendiri.

Terkadang ada kalanya aplikasi yang kita miliki tersebut mengalami gangguan. Beberapa yang paling umum diantaranya:

  • Unfortunately, app has stopped
  • Force close
  • Not enough memory
  • Not responding
  • Aplikasi tidak bisa dibuka
  • Dan error lainnya

Banyak penyebab yang mungkin menjadi alasan kenapa aplikasi tersebut error. Seperti misalnya aplikasi tersebut tidak bisa dibuka atau tertutup dengan sendirinya.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi berbagai masalah aplikasi tersebut. Kamu bisa mencoba beberapa tips dibawah ini.

Bersihkan Cache


Cache adal file yang dihasilkan sebuah aplikasi, dan file tersebut akan terus bertambah jika tidak dibersihkan. Meskipun chache tidak membuat kerusakan, namun jika dibiarkan tetap akan membuat memori penuh.

Pembersihan cache dapat dilakukan dengan cara manual atau dengan batuan aplikasi. Cache ini bisa dikatakan kumpulan file yag tidak begitu penting, jadi kalaupun dihapus tidak akan mempengaruhi kinerja aplikasi tersebut.

Update atau Instal Ulang


Beberapa pengguna tekadang mematikan notifikasi untuk update sebuah aplikasi. Imbasnya kamu terkadang menjadi ketinggalan beberapa update yang penting dari aplikasi tersebut. Update tersebut dikeluarkan oleh developer untuk mengatasi berbagai masalah dan keluhan yang di alami pengguna.

Diharapkan dengan melakukan update, masalah-masalah yang ada bisa segera di atasi. Untuk melakukan update bisa dilakukan dari Play Store, kamu bisa membuka daftar aplikasi yang kamu download dan tekan tombol update.

Tapi jika aplikasi tersebut sudah di update, namun masih mengalami error dan tidak bisa di buka cobalah untuk melakukan install ulang. Kamu tinggal hapus aplikasi yang lama, lalu download dan pasang ulang.

Berhentikan Paksa & Hapus Data


Pernahkah kamu mengalami ketika membuka suatu aplikasi, namun loadingnya sangat lama bahkan hang. Bisa jadi karena data aplikasi yang terlalu penuh atau adanya kesalahan sistem yang berjalan.

Untuk itu kamu perlu me-restart ulang aplikasi tersebut, caranya tidak cukup dengan menutup dan membuka aplikasi saja. Kamu perlu mematikannya secara menyeluruh dengan cara memilih opsi "Berhenti Paksa" dan setelah itu kamu hapus data aplikasi tersebut.

Setelah itu kamu bisa membuka ulang aplikasi tersebut seperti biasa. Dengan cara diatas semua data-data yang memenuhi aplikasi menjadi bersih kembali dan lebih ringan ketika dijalankan.

Posting Komentar untuk "Cara Menangani Aplikasi Susah Dibuka di Android"