Manfaat Rambu Rambu Lalu Lintas Berdasarkan Jenisnya

Mengenal rambu rambu lalu lintas merupakan salah-satu pengetahuan yang memang diperlukan oleh setiap warga negara. Hal ini karena, berkaitan dengan kewajiban untuk turut-serta menjaga ketertiban berkendara yang memiliki tujuan melindungi keselamatan perjalanan.

Seseorang yang tidak mengenal rambu-rambu tersebut, kemungkinan akan lebih rentan melakukan pelanggaran saat berkendara. Pasalnya ada beragam arti dan gambar rambu rambu lalu lintas yang mesti dikenali secara baik ketika sedang berada di jalan raya maupun tol.

Namun, paling umum setidaknya mengetahui arti ketiga warna dari rambu rambu lalu lintas. Dimana kuning biasa digunakan sebagai warna untuk peringatan, merah untuk larangan, dan hijau untuk petunjuk yang harus dipatuhi. Dalam menjadi suatu informasi, peringatan, atau instruksi kepada pengemudi kendaraan.

Manfaat Rambu Rambu Lalu Lintas

Manfaat Rambu Rambu Lalu Lintas

Adapun manfaat dari mengenal rambu rambu diantaranya orang jadi mengetahui apa yang diharus dilakukan ketika berada di jalan raya. Agar keselamatan saat mengemudi terjaga yang bisa mengurangi resiko kecelakaan, hingga mewujudkan adanya lalu lintas lancar. Akan tetapi, berikut manfaat rambu rambu lalu lintas yang dapat Anda pahami berdasarkan jenisnya :

1. Rambu Peringatan

Pelanggaran rambu rambu lalu lintas yang sering terjadi dapat Anda amati ketika mengarah pada warna kuning. Rambu-rambu yang memiliki manfaat sebagai instruksi peringatan untuk hati-hati ketika di jalan raya, baik sedang berkendara maupun tidak. Mengingatkan adanya kondisi jalan tertentu yang perlu diwaspadai seperti terjal, licin, dan menanjak.

Selain itu, rambu peringatan juga mempunyai manfaat yang dapat menyampaikan sinyal kepada pengendara apabila harus menikung secara tajam ke arah kiri atau kanan. Dengan begitu, Anda jangan merasa bingung lagi ketika melihat rambu-rambu berupa anak panah mengarah kiri atau kanan yang berwarna kuning di jalanan.

Pasalnya, karena secara tidak langsung tanda tersebut memberi perintah kepada Anda agar siap-siap berbelok sesuai arahan rambu yang tertera. Jangan sampai salah arah yang berpotensi menyebabkan kecelakaan!

2. Rambu Petunjuk

Rambu petunjuk adalah rambu lalu lintas yang berfungsi sebagai pemberi informasi berkendara agar selamat dan lancar sampai tujuan selama perjalanan. Mulai dari informasi seputar petunjuk arah, jalan tol, jalan buntu, dan lainnya yang biasa memiliki gambar dengan warna dasar biru.

Apabila Anda mengalami kesulitan membaca rambu petunjuk, sementara malah mendapati masalah karena kendaraan tiba-tiba mati. Bisa hubungi Otoklix, jasa booking service mobil yang mudah Anda hubungi dari mana saja untuk mencarikan bengkel terdekat. Termasuk kemungkinan menanyakan arti dari rambu petunjuk yang belum Anda pahami!

3. Rambu Larangan

Rambu rambu larangan memiliki corak warna khusus kemerahan yang dicoret pada suatu gambar atau huruf. Mempunyai manfaat yang menjadi warning kepada orang-orang agar tidak melakukan seperti yang tertera pada rambu tersebut ketika di jalan.

Contohnya, rambu lalu lintas dengan gambar huruf S yang dicoret memiliki arti tidak boleh berhenti di sepanjang jalan itu. Hal ini karena, dapat mengganggu arus lalu lintas di sekitar jalan yang menghambat mobilisasi kendaraan. Contoh lain seperti dilarang parkir dan dilarang putar balik sebagai rambu rambu lalu lintas yang ada di jalan harus dipatuhi oleh semua orang.

4. Rambu Perintah

Rambu rambu lalu lintas yang mencerminkan sikap toleransi terdapat pada suatu simbol atau gambar tertentu. Semisal rambu perintah yang memberitahukan jalan satu arah karena adanya suatu masalah urgent, sehingga pengemudi harus bersikap patuh dan toleran.

Gambar gambar rambu perintah ini memiliki warna dasar biru dengan simbol berwarna putih di tengah. Mempunyai manfaat yang memberi perintah kepada pengguna jalan untuk melakukan suatu hal.

5. Rambu Papan Tambahan

Manfaat rambu rambu lalu lintas berdasarkan jenisnya yang terakhir yaitu dapat dilihat dari rambu papan tambahan. Sebagai rambu rambu lalu lintas yang wajib diketahui tanpa terkecuali. Dimana rambu papan tambahan ini bermanfaat untuk menunjukkan kawasan yang memberlakukan ganjil genap.

Dengan demikian, itulah informasi mengenai manfaat mengenal rambu rambu lalu lintas! Pastikan memahami satu per satu arti rambunya.

Posting Komentar untuk "Manfaat Rambu Rambu Lalu Lintas Berdasarkan Jenisnya"