8 Manfaat Menggunakan Paylater

Kini ada kemudahan dalam membayar belanjaan dengan adanya berbagai jenis paylater atau fasilitas beli sekarang, bayar nanti. Paylater adalah jenis pembiayaan jangka pendek yang memungkinkan pembeli untuk membeli dan melakukan pembayarannya di kemudian hari, semacam kredit untuk pembelian produk tertentu, dengan rencana angsuran yang melibatkan konsumen, dan pemodal, serta pihak penjualnya. 

Manfaat Menggunakan Paylater

Contohnya ada seperti paylater traveloka, dan gopay paylater, dan akulaku paylater, dan indodana paylater, dan blibli paylater, dan linkaja paylater dan shopee paylater, dan BRI ceria, dan home kredit, dan vospay dan Julo serta ovo paylater dan lain sebagainya.

Bisa Kredit dengan Lebih Mudah tanpa Kartu Kredit

Manfaat pertama adalah bisa membeli secara kredit dan baru membayar kemudian. Memiliki dana instan. Pay artinya membayar dan Later artinya kemudian. 

Produknya bisa berupa tiket pesawat, tiket kereta api, sewa hotel atau bisa juga aneka produk jualan di suatu marketplace, ataupun makanan hingga pulsa dan data internet serta berbagai tagihan seperti tagihan listrik, BPJS dan lain sebagainya.

Sesuai dengan jenis penyelenggara paylaternya masing-masing. Dengan fasilitas penundaan pembayaran maka dana yang ada bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain yang lebih penting ataupun jika belum tersedia dananya maka sudah bisa membeli lebih dulu dan memanfaatkan produk yang dibeli tersebut lalu melunasi pembayarannya kemudian, pada saat dananya sudah ada.

Syarat Lebih Mudah dan Lebih Cepat dari Kartu Kredit

Apalagi syarat pengajuan pembayaran paylater juga lebih mudah dan lebih cepat daripada kartu kredit. Jika guna mendapatkan kartu kredit harus menyertakan slip gaji dan rekening tabungan dan NPWP serta berbagai persyaratan lainnya maka guna mendapatkan fasilitas paylater cukup mengajukan ke tiap penyelenggara paylaternya.

Itu pun hanya dengan persyaratan yang mudah, seperti verifikasi akun, upload e KTP, pas foto dan beberapa persyaratan lainnya yang lebih mudah dan lebih cepat daripada jika dibandingkan ketika mengajukan permohonan kartu kredit ke bank. 

Sesudah proses aktivasi paylater selesai, maka dapat secara langsung digunakan fasilitas PayLater nya. Jadi berapapun gaji bulanannya maka bisa mendapatkan fasilitas paylater tersebut.

Terdapat Banyak Program Promo dan Cahsback

Keuntungan lainnya dari paylater adalah pihak penyelenggara seringkali mengadakan program promo, seperti free ongkos kirim (ongkir) atau subsidi ongkir juga cashback dan diskon serta berbagai program menarik lainnya jika melakukan pembayaran dengan menggunakan paylater, yang sangat menarik.

Tenor Beragam

Jangka waktu kreditnya juga beragam. Mulai dari satu bulan hingga selama 12 bulan. Tiap konsumen bisa memilih tenor atau jangka waktu cicilan yang paling sesuai.

Suku Bunga yang Menarik

Ada yang menawarkan suku bunga 0 persen dan hanya perlu membayar biaya administrasi saja. Terutama untuk jenis paylater bagi konsumen di awal-awal penggunaannya. 

Lalu juga semakin rendah tenornya maka akan semakin rendah suku bunganya, bahkan ada yang hanya di kisaran 1 persen an saja. Sedangkan kalau suku bunga kartu kredit adalah mulai dari sekitar 3 persen ke atas. Pintar-pintarlah dalam memilih paylater dan ambil tenor jangka waktu pinjaman yang sependek mungkin, agar suku bunganya bisa rendah.

Limit yang Fleksibel

Lalu paylater juga fleksibel limitnya. Bisa ditambah jika selama ini transaksinya lancar. Namun bisa juga dikurangi limitnya jika konsumen berkehendak untuk membatasi limit paypaternya dengan mengajukannya kepada pihak penyelenggara masing-masing paylater. 

Pilih dan tetapkan batasan limit tiap jenis paylater sesuai dengan kemampuan bayar kembali masing-masing konsumen, yang bisa berbeda-beda satu sama lain kondisi keuangannya. Hal ini guna menghindari terjeratnya ke dalam hutang yang terlalu besar melebihi batas limit kemampuan bayarnya.

Aman

Paylater juga tak lepas dari pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Agar aman maka pilih paylater yang telah secara resmi terdaftar dan mendapat pengawasan dari OJK. Akhir-akhir ini memang terdapat banyak jenis paylater namun perlu teliti dengan cermat dan hanya pilih paylater yang memperoleh izin dan diawasi oleh OJK.

Cara Pembayaran Cicilan yang Mudah

Kemudian nilai plus paylater lainnya adalah bisa serba online. Jadi tak perlu repot dalam melakukan pembayaran atau pelunasan cicilan paylaternya, yakni bisa dengan cara ditrasfer ataupun lewat e wallet terkait. 

Bahkan dengan menautkannya dengan rekening tabungan maka bisa dilakukan pemotongan secara otomatis secara berkala guna pelunasan paylater. Ada juga notifikasi pengingat waktu jika sudah tiba waktunya untuk membayar tagihan paylaternya yang telah jatuh tempo.

Itulah beberapa manfaat dan keuntungan dari penggunaan paylater.

Posting Komentar untuk "8 Manfaat Menggunakan Paylater"