Mengenal PVC Waterstop dan Banyak Fungsinya

PVC Waterstop adalah salah satu jenis material yang mempunyai fungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran pada sambungan beton. Material dari waterstop PVC sika adalah lentur dan juga kuat.

Sehingga, dengan bahan tersebut bisa menahan dan penetrasi air dari luar maupun dalam struktur beton. Selain itu, untuk jenis material yang satu ini sangat cocok dipergunakan pada konstruksi beton bertulang.

Air mempunyai sifat yang bisa menempati semua ruang dan bisa masuk ke dalam struktur beton. Hal tersebut bisa membuat struktur beton yang mempunyai celah bisa mudah dimasuki air.

Tidak hanya itu saja, dengan hal tersebut bisa mengakibatkan kebocoran atau rembesan air. Cara yang bisa dilakukan untuk menghindari hal tersebut adalah pemasangan pvc waterstop secara benar dan berhati-hati.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai jenis atau tipe dan fungsi pvc waterstop. Sedangkan, untuk Anda yang penasaran dengan dua pembahasan tersebut bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Macam-Macam PVC Waterstop

Macam-Macam PVC Waterstop

Ketika ingin menggunakan waterstop dodol bisa memilih jenis atau tipenya terlebih dahulu. Untuk pemilihan jenis kali ini juga disesuaikan lagi dengan kebutuhannya. Beberapa jenis dari PVC Waterstop adalah:
  • WSA 220
  • WSA 250
  • WSA 320
  • WSA 400
  • WSRR 200
  • WSRR 250
  • WSS 200
  • WS RS 250
  • WSF 150
  • WSH 150
  • WSF 200
  • WSF 250
  • WSH 200
  • WSH 250
  • WSA 200
Banyaknya macam-macam jenis waterstop dodol membuat bingung beberapa orang yang awam dengan material satu ini. Akan tetapi, untuk Anda yang bingung bisa mencari tahu lebih banyak pada orang sudah ahli dalam bidangnya.

Jangan sampai salah dalam memilih jenis pvc waterstop, karena bisa memberikan dampak buruk di kemudian hari. Sebelum menentukan jenis, akan lebih baiknya Anda pahami dulu permasalahannya.

Fungsi Waterstop Dodol

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa untuk pvc waterstop mempunyai peran yang sangat penting pada sebuah bangunan. Apalagi, untuk bangunan yang mempunyai lantai basement yang terhubung langsung dengan tanah dan air.

Setiap sambungan beton pada bangunan mempunyai resiko tinggi untuk mengalami permasalahan bocor. Maka dari itu, Anda membutuhkan cara untuk mencegah hal tersebut. Ada 2 fungsi pada saat menggunakan pvc waterstop yaitu:

1. Mencegah Rembesan Pada Bagian Sambungan Beton

Fungsi pertama menggunakan pvc waterstop yaitu mencegah rembesan pada beberapa bagian sambungan beton. Waterstop adalah salah satu bahan material khusus yang mempunyai daya lentur sangat tinggi. Artinya, Waterstop lebih mudah digunakan dan dibentuk sesuai dengan kebutuhan.

Sehingga, pada saat digunakan dan di sambungkan pada beton bisa lebih fleksibel. Waterstop mempunyai fungsi paling penting dalam mencegah terjadinya rembesan air pada bagian bangunan beton.

Meski fungsinya sangat penting, namun pada saat memasang waterstop dodol dalam jumlah yang berlebihan juga tidak disarankan. Kenapa hal tersebut terjadi, karena pada saat kebanyakan memasang waterstop justru menyebabkan retakan atau patahan pada sambungan bagian bangunan beton.

2. Membuat Beton Lebih Awet

Pada saat memasang Waterstop dengan jumlah cukup bisa membantu bangunan beton lebih awet. Hal tersebut bisa terjadi, karena tidak ada lagi rembesan air yang merembes pada bagian bangunan beton.

Dengan tidak adanya rembesan air tersebut bisa membuat bangunan beton lebih awet. Paling terpentingnya lagi dengan menggunakan pvc waterstop tidak merusak sambungan pada bangunan beton.

Pada dasarnya pada saat memasang waterstop beton adalah bagian yang paling penting di dalam sebuah konstruksi guna melindungi dari air. Namun, perlu diingat lagi, di saat memasang waterstop hanya boleh dilakukan sesuai dengan kebutuhan saja.

Jangan pernah memasang waterstop secara berlebih, karena bisa menimbulkan dampak buruk di kemudian hari. 

Selain itu, Anda juga harus melakukan Waterproofing supaya bisa menjaga kualitas bangunan tersebut. Bahkan, dengan cara tersebut bisa memberikan bangunan lebih awet dan aman dari rembesan air.

Itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai tipe dan fungsi pada saat menggunakan pvc waterstop. Diharapkan, setelah adanya penjelasan kali ini bisa membantu Anda yang ingin mempunyai tembok beton secara awet dan terjauhkan dengan rembesan air.

Posting Komentar untuk "Mengenal PVC Waterstop dan Banyak Fungsinya"