Belum Tahu Tune Up Mobil Apa Saja yang Dilakukan? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Istilah tune up mobil pasti sudah sering kamu temukan di https://otoklix.com/, bukan? Nah, jangan hanya sekedar mengetahui istilahnya saja, kamu juga perlu tahu seluk beluk tune up mobil apa saja yang dilakukan saat proses service tersebut dilakukan.

Perawatan tune up mobil pada umumnya sangat penting dilakukan terutama ketika kamu baru membeli mobil bekas. 

Perawatan ini lebih dari sekedar service mobil biasa yang dilakukan dalam beberapa bulan sekali. Tune up mobil biasanya dilakukan dalam jangka waktu minimal satu tahun sekali.

Pada dasarnya, kata tune up sendiri berarti pengaturan kembali atau penyetelan ulang. Karena itu, tune up mobil merupakan proses pengerjaan yang dilakukan untuk mengembalikan standarisasi terhadap seluruh sistem pada setiap komponen dalam mesin mobil sehingga performa mesin dapat kembali maksimal seperti sedia kala.

Saat Tune Up Mobil Apa Saja yang Dilakukan? Ini Dia Bagian-Bagian yang Akan Diperiksa!


Saat Tune Up Mobil Apa Saja yang Dilakukan? Ini Dia Bagian-Bagian yang Akan Diperiksa!

Ketika kamu melakukan tune up mobil apa saja yang dilakukan mencakup beberapa komponen penting dalam mesin yang akan diperiksa dan bila perlu juga diganti dengan komponen yang baru. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Pemeriksaan Terhadap Aki dan Baterai Mobil

Tune up mobil apa saja yang dilakukan salah satunya adalah memeriksa bagian aki serta baterai mobil. 

Pada komponen ini, mekanik bengkel akan memastikan apakah tegangan aki mobil masih dalam kondisi normal yakni pada titik 12 Volt ketika mesin dalam kondisi mati, serta berada di antara 13-14 Volt saat mesin dalam keadaan menyala.

Kemudian, mekanik juga akan menggunakan alat battery tester guna memeriksa kesesuaian arus listrik pada baterai apakah masih sesuai standar kebutuhan aki mobil.

2. Pemeriksaan dan Pembersihan Celah Busi

Yang kedua, saat tune up mobil apa saja yang dilakukan yaitu memeriksa komponen busi. Seiring dengan jangka waktu pemakaian mobil yang semakin lama, tentu interaksi yang terjadi pada komponen yang satu ini beserta tekanan kompresi lama kelamaan akan mengalami perubahan.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi api yang dihasilkan tetap sesuai standar awal dari pabrik, tidak terlalu besar atau tidak terlalu kecil. Selain diperiksa, celah busi juga perlu dibersihkan dari tumpukan debu dan kotoran yang sudah menempel dalam waktu yang lama.

3. Pemeriksaan Terhadap Bagian Throttle Body dan Karburator Mobil

Selain karburator mobil perlu dibersihkan, mekanik mobil juga akan menyetel ulang RPM pada karburator agar kembali sesuai standarisasi. Pada jenis mobil yang sudah dilengkapi dengan sistem injeksi, tune up mobil juga mencakup pemeriksaan dan pembersihan terhadap bagian throttle body mobil.

4. Pemeriksaan Celah Katup Mesin Mobil

Pada mesin mobil yang memiliki sistem katup berbentuk konvensional atau non injeksi, mekanik mobil akan melakukan penyetelan ulang terhadap celah katup agar posisi katup kembali normal sesuai standar awal.

Sesuai standarisasi, celah katup yang normal berukuran sekitar 0,2 mm sampai 0,3 mm. Jika lebar katup melebihi ukuran standar tersebut, suara mesin akan cenderung berisik hingga mesin tidak bertenaga. Sebaliknya, jika ukuran celahnya terlalu kecil, kompresi mobil sangat rentan mengalami kebocoran.

5. Pemeriksaan Komponen Saringan Udara

Yang kelima pengerjaan tune up mobil apa saja yang dilakukan selanjutnya adalah pemeriksaan bagian saringan udara karena komponen ini sangat rentan penuh dengan kotoran dan debu.

Bila filter udara masih layak digunakan, mekanik mobil biasanya hanya akan melakukan pembersihan saja. Tetapi, jika filter udara tidak memungkinkan untuk digunakan kembali meskipun sudah dibersihkan, maka mekanik akan menyarankan mengganti filter tersebut dengan yang baru.

6. Pemeriksaan Seluruh Bagian Fluida

Tune up mobil apa saja yang dilakukan yang terakhir adalah memeriksa seluruh bagian komponen fluida, antara lain oli garden, power steering, oli transmisi, oli mesin, serta minyak rem. 

Dalam tahap ini, mekanik akan mempertimbangkan apakah kondisi oli masih bisa digunakan dan hanya perlu menambahkan volume saja atau sudah perlu diganti agar tetap berfungsi sebagai pelumas terhadap komponen mesin lainnya.

7. Pemeriksaan Terhadap Bagian V Belt Mobil

Nah, tahap ini juga tidak akan terlewatkan dalam pengerjaan tune up mobil. Kondisi V Belt turut mempengaruhi performa mobil dan kenyamanan saat berkendara. 

Mekanik akan memeriksa kelenturan V Belt mobil dan melakukan penyetelan ulang apabila V Belt terlalu kendor atau sebaliknya terlalu tegang. Namun, V Belt yang sama sekali sudah hilang kelenturannya tentu harus diganti dengan sparepart yang baru.

Untuk merencanakan jadwal service tune up mobil dengan mudah, kamu bisa menemukan bengkel tune up terdekat di Otoklix. Selain kamu bisa mendapatkan penawaran harga terbaik, jaminan pelayanan dan garansi service juga akan kamu dapatkan selayaknya melakukan service di bengkel resmi lho!

Posting Komentar untuk "Belum Tahu Tune Up Mobil Apa Saja yang Dilakukan? Berikut Penjelasan Lengkapnya!"