5 Jenis Katun dan Keunggulannya

Baju katun masih menjadi tren fashion tahun 2022. Bahannya yang enak pakai dan harga yang tak bikin kantong jebol, katun dipastikan tersedia di setiap toko kain. 

Jenis kain katun yang beraneka ragam kadang buat bingung? Tak perlu khawatir, karena berikut ini akan dibahas berbagai jenis katun yang bisa jadi referensi kamu untuk memilih katun baik polos maupun bermotif.

Apa itu Kain Katun

Kain katun diklaim sebagai kain yang cenderung nyaman dipakai karena adem di kulit dan keringat mampu meresap. Terserapnya keringat pada kain membuat orang yang aktifitasnya banyak tak perlu takut bau badan akibat keringat berlebih.

Katun jadi incaran pada pengusaha fashion untuk beberapa produk. Bukan hanya baju, bahkan katun juga menjadi bahan dasar pembuatan rajutan taplak, sepatu mini untuk bayi, dan banyak lagi aksesoris lainnya.

Sebelum membahas tentang jenis kain katun, yuk kenal dulu karakteristik kain katun!

Karakteristik Kain Katun

  1. Kain katun bersifat tahan lama dibandingkan dengan jenis kain non katun. Dengan perawatan yang tepat, busana berbahan katun bisa bertahan hingga bertahun-tahun lamanya.
  2. Tekstur cenderung lembut dan halus membuat kain ini nyaman digunakan ketika bersentuhan langsung dengan kulit.
  3. Kainnya yang gampang menyerap air atau keringat membuat baju berbahan katun enak digunakan saat musim panas.
  4. Bagi yang alergi dengan bahan kain tertentu, katun memiliki intensitas penyebab alergi yang paling minim.
Jadi bagi kamu yang punya bayi, katun bisa menjadi referensi kain yang tidak berpotensi menimbulkan iritasi atau ruam kulit pada anak.

5 Jenis Kain Katun dan Keunggulannya

5 Jenis Kain Katun dan Keunggulannya

Setelah mengenali karakteristiknya, kali ini yuk cari tahu tentang jenis kain katun! Memahami jenis-jenisnya akan membantu kamu menentukan kain mana yang sesuai dengan kenyamanan kulit dan terjangkau di dompet.

1. Katun Paris

Bagi yang sedang menjadi bahan yang agak tipis namun mempunyai kesan glossy, Katun Paris pilihannya. Meski tipis, bahan tipe ini tetap mempunyai penggemarnya sendiri. Karakteristik kuat pada seratnya dan bagus daya serapnya.

Umumnya bahan ini banyak ditemukan untuk bahan utama cetak kain batik. Batik Katun Paris akan terlihat super cantik dan mengkilap, ditambah lagi kainnya nyaman tak gampang membuat gerah.

2. Katun Toyobo

Karakteristik dari Katun Toyobo adalah tekturnya yang tak kasar nan halus. Jika diraba, Katun Toyobo terasa lebih tebal dari pada jenis Paris, bahannya jatuh, dan sedikit mengkilap. Karena jenisnya yang sedikit tebal, Katun Toyobo bisa disulap menjadi baju tanpa menggunakan furing.

Tidak hanya cocok untuk fashion para wanita, Katun Toyobo juga cocok dibuat menjadi busana pria. Misalnya saja dalam membuat kemeja pria, Katun Toyobo sangat nyaman. Blazer, gamis, bahkan hingga kerudung bisa memanfaat jenis kain katun yang satu ini.

3. Katun Supernova

Sama dengan jenis sebelumnya, Katun Supernova juga mempunyai karakteristik bahan yang tak berat, halus, lembut, dan ketika dikenakan terasa adem. Bedanya, serat Supernova lebih terlihat ke permukaan. Cocoknya kain ini digunakan untuk fashion seperti gamis, baju koko, atau mungkin hijab bertekstur.

4. Katun Oxford

Dilirik dari permukaannya yang tertata rapi, Katun Oxford bisa jadi pilihan kamu. Tekstur rapi pada kain ini merupakan persilangan dari dua benang yang membentuk titik mirip pixel pada gambar. Kerapian inilah yang menyebabkan Katur Oxford sangat halus ketika diraba dengan telapak tangan.

Oxford sering dijumpai untuk pembuatan seragam-seragam sekolah, seragam kerja karyawan, dan kemeja casual.

5. Katun Rayon

Katun Rayon populer digunakan untuk pembuatan baju muslim terusan maupun koko pria. Teksturnya kurnag lbih sama dengan katun-katun yang lain. Sayangnya ada kekurangan utama kain Rayon, yaitu mudah kusut.

Bukan berarti Katun Rayon tak direkomendasikan, namun bagi kamu yang memilih jenis katun yang satu ini harus rajin-rajin menyetrika sampai licin.

Kelima jenis katun di atas adalah jenis yang paling sering dijual di pasar, toko busana, atau toko kain. Menyoal tentang harga, kelima kain katun tersebut tidak begitu mahal dibanding Katun Sutra.

Katun Sutra terbuat dari serat-serat halus special dari kempopong ulat sutra. Layaknya kain sutra, tentu saja Katun Sutra teksturnya sangat halus dan permukaannya lembut. Meski tergolong golongan kain berharga mahal, namun Katun Sutra tetap sering diincar karena terlihat elegan.

Rekomendasi Cetak Kain Katun

Rekomendasi Cetak Kain Katun

Kain katun ada yang polos, namun juga banyak beredar katun batik atau motif lainnya. Hal ini tak jauh dari jasa printing kain. Di zaman berteknologi canggih seperti sekarang, jasa printing kain digital tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

Inoui Print menawarkan cetak kain digital lengkap dengan desain dan warna sembilan puluh persen sesuai dengan pesanan pelanggan. Banyak pilihan jenis kain yang bisa dikerjakan dengan pilihan gramasi serta harga yang kompetitif.

Banyak kenyamanan bekerja sama dengan Inoui Print, yaitu barang dijamin kualitasnya, ragam pilihan kain, minimal order hanya 10 meter, dan approval sample. Tim Inoui Print juga tanggap respon dari pelanggan pada jam kerja. Tersedia juga tim approval sample yang bertugas memastikan kulitas warna dan desain.

Dapatkan Harga dan Approval Sample di Inoui Print dengan kepastian warna yang akurat, tajam, jelas dan tidak blur. Barang juga akan dikirim sesuai jadwal yang telah disepakati Inoui Print bersama pelanggan.

Posting Komentar untuk "5 Jenis Katun dan Keunggulannya"