Mengapa Pengelolaan Emisi Penting bagi Keberlanjutan Lingkungan?

Pengelolaan penurunan emisi sangat penting dilakukan untuk menghindari berbagai dampak buruk yang terjadi pada lingkungan. Pada dasarnya, emisi akan semakin bertambah seiring dengan adanya global warming di seluruh dunia.

Target penurunan emisi karbon Indonesia turut digalakkan ke berbagai penjuru untuk menjaga keberlanjutan lingkungan agar tidak tercemar. Kemunculan emisi ini disebabkan karena berbagai senyawa kimia hasil dari pembakaran dan penggunaan sesuatu yang mengandung gas karbon.

Upaya Pengelolaan Emisi Bagi Lingkungan

Upaya Pengelolaan Emisi Bagi Lingkungan

Pada dasarnya, gas karbon yang dihasilkan oleh pembakaran bisa diserap kembali oleh bumi sebagai bahan bakar fotosintesis tumbuhan. Hanya saja, banyaknya penebangan menyebabkan sumber daya pohon semakin sedikit dan sat karbon yang ada di bumi sudah tidak seimbang.

Kasus tersebut menyebabkan berbagai dampak bagi lingkungan jika tidak dikelola dengan baik. Oleh sebab itu, terdapat berbagai upaya pengelolaan gas karbon sebagai target penurunan emisi Indonesia. Adapun pengelolaan yang dapat dilakukan, yakni:

1. Peningkatan Efisiensi Energi

Upaya utama sebagai aksi dalam rangka penurunan emisi adalah dengan melakukan peningkatan efisiensi energi. Adanya peningkatan ini mampu untuk membantu mengurangi penggunaan energi yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi emisi, yaitu mengurangi konsumsi listrik serta mengoptimalkan kendaraan dengan teknologi yang efisien.

2. Penanaman Hutan

Alasan Indonesia menurunkan emisi adalah untuk menjaga keberlanjutan lingkungan dan menjaga terjadinya dampak buruk yang terjadi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengelola emisi Indonesia adalah dengan penanaman hutan.

Dengan melakukan penanaman hutan akan membantu menyerap karbon di atmosfer serta mengurangi adanya emisi karbon.

3. Penggunaan Energi Terbarukan

Upaya berikutnya yang dapat dijadikan sebagai langkah dalam pengelolaan emisi adalah dengan memaksimalkan penggunaan energi terbarukan. Adanya penggunaan energi terbarukan dalam jangka panjang akan membantu mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil serta mampu memaksimalkan pengurangan emisi karbon.

4. Edukasi dan Kesadaran Lingkungan

Cara menurunkan emisi karbon dunia yang paling penting untuk diperhatikan adalah dengan memberikan edukasi dan kesadaran masyarakat terkait pentingnya pengurangan emisi karbon.

Dalam hal ini, pemerintah bisa melakukan kampanye edukasi terkait dampak buruk yang ditimbulkan akibat tingginya emisi karbon kepada masyarakat. Adanya kesadaran masyarakat terkait hal ini akan sangat membantu dalam keberlanjutan lingkungan.

Dampak Emisi Bagi Keberlanjutan Lingkungan

Untuk mendukung kesadaran masyarakat terkait pengurangan emisi bagi keberlanjutan lingkungan, berikut terdapat beberapa dampak yang ditimbulkan jika pengelolaannya tidak berjalan dengan baik.

1. Peningkatan Suhu Bumi

Dampak utama yang pasti terjadi jika pengelolaan emisi tidak berjalan dengan baik yaitu terjadinya peningkatan suhu di permukaan bumi. Peningkatan suhu bumi dapat terjadi karena gas karbon hasil emisi yang bercampur dengan suhu panas hasil pembakaran.

2. Perubahan Iklim Tak Menentu

Dampak selanjutnya yang bisa terjadi akibat dari emisi adalah terjadinya perubahan iklim yang tak menentu. Jika terdapat emisi karbon yang berkepanjangan, maka perubahan iklim sudah tidak bisa diprediksi lagi kapan batas musim panas dan musim dingin.

3. Abrasi Pantai

Pengikisan permukaan pantai menjadi salah satu dampak dari emisi dan jika dibiarkan maka juga akan berdampak pada kelestarian habitat pantai. Hal ini terjadi akibat dari mencairnya es di kutub utara dan menyebabkan volume air menjadi meningkat.

Pengelolaan penurunan emisi dalam hal ini sangat penting dilakukan guna untuk menjaga keberlanjutan lingkungan yang bebas dari cemaran senyawa kimia tertentu.

Posting Komentar untuk "Mengapa Pengelolaan Emisi Penting bagi Keberlanjutan Lingkungan?"