Whatsapp API : Pengertian, Kelebiham dam Fitur Utama

Apakah teman-teman adalah seorang pelaku usaha? Sudah mengenal WhatsApp API? Atau selama ini hanya menggunakan aplikasi tersebut secara “biasa” saja?

Sebelum membahas lebih jauh tentang WhatsApp API ini, apakah teman-teman tahu jika aplikasi ini mampu membantu marketing kita?

Apakah teman-teman menyadari, jika beberapa nomor kontak beberapa lini usaha, biasanya mengirim atau menjawab pesan yang terlihat menggunakan template tertentu? Nah, ini adalah salah satu ciri WhatsApp API.

Berikut ini ada beberapa penjelasan tentang WhatsApp API yang layak disimak, mulai dari pengertian hingga cara mudah menggunakan WhatsApp API ini.

Pengertian WhatsApp API

Yang dimaksud dengan WhatsApp API adalah sebuah layanan dari WhatsApp yang menghubungkan antara pengguna aplikasi dengan pemilik bisnis, secara sistematis.

Perlu diperhatikan, jika teman-teman ingin menggunakan aplikasi ini, sebaiknya memang menggunakan jasa pihak ketiga untuk bekerja sama. Hal ini seperti yang disampaikan oleh pihak WhatsApp sendiri.

Pihak ketiga ini, adalah sebuah perusahaan yang memang bergerak dalam bidang komunikasi dan pemasaran. Sesungguhnya, ada banyak pilihan perusahaan atau mitra yang bisa digunakan, tapi kita tentu harus jeli ketika memilihnya.

Keunggulan WhatsApp API

Keunggulan WhatsApp API

Apakah WhatsApp API sama dengan WhatsApp Business secara umum? Berbeda, ya. Ada beberapa hal yang menjadi keunggulan dari aplikasi yang satu ini.
  • Memberikan tanggapan pesan pelanggan yang terpusat
  • Bisa diakses oleh beberapa pengguna secara bersamaan
  • Tersedia kotak masuk dan dashboard utama yang terpusat dan bisa diakses bersamaan oleh para admin, sehingga memudahkan pelayanan dan manajemen
  • Memungkinkan adanya integrasi aplikasi pihak ketiga
  • Memeriksa kemampuan kerja
  • Adanya fitur lanjutan yang berasal dari integrasi CRM (Customer Relation Management)

Fitur Unggulan WhatsApp API

Setelah mengetahui beberapa kelebihan WhatsApp API, kini mari kita lihat fitur apa saja yang ditawarkan oleh WhatsApp API ini.
  1. Bisa mengirim pesan ke banyak kontak (WhatsApp blast)
  2. Memiliki template pesan promosi dan jawaban pada pelanggan
  3. Sudah termasuk akun bisnis (mendapatkan centang hijau melalui pengajuan)
  4. Tampilan dashboard terintegrasi kepada CRM
Sedikit penjelasan tentang sistem pengiriman pesan pada WhatsApp API ini. Jadi orang yang menerima pesan tersebut, adalah mereka yang sejak awal sudah sepakat untuk dikirimkan pesan berisi penawaran atau informasi penting lainnya.

Yang ke dua, penerima pesan adalah pihak yang terlebih dahulu mengirim pesan pada unit bisnis kita. Namun, dalam hal ini pemilik usaha memiliki batasan waktu selama 24 jam.

Dengan batasan ini, diharapkan mampu menciptakan kepuasan dan kepercayaan konsumen. Bukankah kita seringkali mengeluh jika penjual tidak segera membalas pesan kita?

Cara Mudah Gunakan WhatsApp API

Cara Mudah Gunakan WhatsApp API

Seperti yang sebelumnya kita bicarakan, bahwa WhatsApp Api bisa dinikmati melalui pihak ketiga atau mitra kerjasama.

Adalah Oca Indonesia, salah satu mitra yang bisa teman-teman hubungi untuk mendapatkan akses menggunakan WhatsApp API ini.

Mengapa Oca Indonesia?

1. Harga Bersahabat

Tenang saja, melalui Oca Indonesia teman-teman akan mendapatkan harga yang sangat bersahabat. Harga ini ditentukan dari besarnya cakupan bisnis kita. Namun, tentu saja setiap paket memiliki layanan manfaat yang sedikit berbeda.

Jadi, ini juga sangat membantu teman-teman pelaku UMKM yang ingin mengembangkan usaha atau memasarkan produknya secara luas.

2. Interaksi Human Friendly

Di Oca Indonesia, selain WhatsApp API, teman-teman juga sangat bisa menggunakan aplikasi pengirim pesan lainnya untuk melakukan hal ini.

Kehadiran CRM ini akan membantu teman-teman dalam mengelola kontak para pelanggan hingga media chatting apa saja yang mereka gunakan.

Menggabungkan sistem robot dan manusia, akan lebih meningkatkan kepuasan pelanggan dan citra bisnis kita.

3. Prinsip Cepat, Tepat dan Mudah

Salah satu manfaat yang bisa kita rasakan adalah bisa mengirimkan WhatsApp blast ke ratusan kontak pelanggan sekaligus.

Itulah mengapa, Oca Indonesia juga merambah berbagai macam channel atau media . Hal ini juga diharapkan mampu meningkatkan branding dan marketing lini bisnis kita.

Oca Indonesia sudah melayani lebih dari 5.000 pelanggan, lebih dari 2.000.000 jangkauan pelanggan dan sudah mengirimkan lebih dari 100.000.000 pesan kepada semua pelanggan. Wow! Bukankah ini sudah membuktikan kinerja Oca Indonesia?

Untuk teman-teman pengusaha yang berasal dari berbagai skala cakupan, tidak ada salahnya menggunakan WhatsApp API ini untuk meningkatkan penjualan sekaligus mengembangkan usaha.

Bukankah kita juga kerap kali mendapatkan WhatsApp blast dari teman-teman berniaga?

Posting Komentar untuk "Whatsapp API : Pengertian, Kelebiham dam Fitur Utama"