Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Menarik

Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan, ketahuilah bahwa pada dasarnya Anda sedang ‘menawarkan diri’ kepada perusahaan, atau tempat kerja yang Anda incar. Apa yang ditawarkan? Tentu saja skill dan kemapuan yang dimiliki, dan semua itu dilihat dari contoh CV lamaran kerja yang diberikan pada team rekrutmen.

Team rekrutmen terdiri dari HRD dan beberapa pihak yang berkepentingan di perusahaan tersebut. Pastikan Anda membuat CV yang menarik, supaya bisa membuat team rekrutmen tertarik dan meluangkan lebih banyak waktu untuk melihat CV lamaran kerja yang Anda berikan.

Jangan sekali-kali membuat surat lamaran pekerjaan dan CV yang monoton, atau ketinggalan zaman, sebab bisa membuat surat lamaran kerja yang sudah susah-susah Anda buat malah diabaikan. Sebanyak apapun prestasi Anda, sehebat apapun skill Anda, maka hal itu tidak akan pernah dilihat oleh perusahaan, karena CV Anda yang tidak menarik.

Tips Membuat CV yang Menarik HRD


Tips Membuat CV yang Menarik HRD

Tahukah Anda, bahwa sebenarnya HRD hanya akan melhat CV para pelamar sekilas mata saja. Apabila Anda memilih untuk membuat CV yang terlalu panjang, penuh dengan narasi yang tidak perlu, maka jangan harap HRD akan berbaik hati mengecek lamaran Anda.

Oleh karena itu, Anda wajib membuat CV lamaran kerja lebih menarik. Di bawah ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat lamaran kerja yang menarik perhatian. Silahkan disimak :

1. Cukup Masukkan Komponen yang Penting Saja


Jangan memasukkan semua informasi diri Anda ke dalam curriculum vitae, sebab CV harus berisi data yang efektif untuk memberikan informasi yang HRD butuhkan. Jika dilihat secara umumnya, yang harus Anda masukkan adalah identitas diri, pendidikan terakhir, kontak yang bisa dihubungi, serta profil singkat Anda.

2. Menonjolkan Skill, Prestasi Kerja dan Pengalaman Kerja


Ketika membuat CV, pastikan Anda memberikan konsentrasi pada ketiga aspek ini. Sebab inilah yang menjadi tolak ukur kemampuan kerja yang dimiliki. Jika informasi skill dan pengalaman kerja Anda makin meyakinkan, maka HRD pun akan lebih tertarik untuk menerima Anda di perusahaan.

Tetapi jika Anda belum memiliki pengalaman kerja, maka tonjolkan skill yang Anda miliki. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memperbanyak skill yang berguna di dunia kerja melalui berbagai kursus.

3. Pakai Desain CV yang Elegan dan Menarik


Semua orang akan melihat desain CV Anda terlebih dahulu, jika menarik maka mereka pun akan membaca isinya. Maka karenanya, pilih desain CV yang lain daripada yang lain. Cobalah untuk mengecek komposisi warna templatenya, jenis font yang digunakan, jangan terlalu mencolok dan harus mudah dibaca. Ketika memasukkan semua informasi pun jangan sembarangan, Anda harus menyampaikan semuanya dengan baik dan dengan posisi yang tepat.

4. Keluarkan Kreativitas Anda


Karena teknologi makin berkembang, maka Anda harus menyesuaikan diri. Salah satu perubahannya adalah bentuk CV yang berbentuk infografis yang indah. Anda tidak perlu susah-susah membuatnya sendiri, sebab sudah banyak sekali website yang menyediakan layanan desain CV secara online, baik yang gratis maupun yang berbayar sekalipun.

Seperti apa contoh CV lamaran kerja yang kreatif misalnya dalam bentuk video yang interaktif, CV di dalam bentuk packaging kemasan snack, CV dalam halaman home website dan masih banyak yang lainnya. Bisa dipastikan, HRD akan langsung melirik CV yang Anda berikan!

Tetapi pastikan dulu jika perusahaan yang Anda lamar ini adalah perusahaan dengan basis kreativitas, supaya kreativitas Anda dihargai dan ada di tempat yang seharusnya. Jika perusahaannya di bidang biasa saja, maka buatlah lebih sederhana dan lebih umum, tetapi tetap menarik.

5. Pakai Jasa Profesional


Bagaimana jika merasa tidak percaya diri membuat CV sendiri? Tidak perlu khawatir sebab ada jasa professional yang bisa diandalkan. Anda bisa menemukan jasa pembuatan CV di internet, bukan hanya bisa membuat desain CV yang menarik, namun juga melayani konsultasi bagi para pemula yang masih bingung membuat CV.

Itulah dia beberapa tips membuat CV yang menarik perhatian HRD. Anda bisa mencari contoh CV lamaran kerja di internet juga, untuk menjadikannya referensi dan inspirasi. Semoga sukses!

Posting Komentar untuk "Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Menarik"