Apa Itu Reksa Dana Manulife

Reksa Dana Manulife telah menjadi pilihan banyak orang dalam berinvestasi karena punya kelebihan dibanding produk lain. Salah satu keunggulan yang dimiliki instrumen ini adalah menjangkau semua kalangan, karena hanya dengan modal kecil nasabah bisa mulai berinvestasi.

Pengelolaannya juga lebih praktis karena nasabah menyerahkan sepenuhnya kepada manajer investasi untuk memilih produk Reksa Dana, melakukan pembelian, hingga penjualan. Buat Anda yang ingin berinvestasi namun belum paham tentang jenis Reksa Dana, berikut ulasannya.

Apa yang Dimaksud dengan Reksa Dana Manulife?

Anda pasti sudah sering mendengar nama Manulife. Yup, tepat sekali! ini adalah salah satu perusahaan asuransi terbesar di Indonesia. Ternyata, Manulife juga menawarkan layanan Reksa Dana yang bisa menjadi pilihan tempat berinvestasi.

Reksa Dana Manulife telah mengantongi izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan. Berbekal nama besar dan pengalaman di bidangnya, perusahaan ini sangat layak dipilih untuk mengelola dana Anda. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang Reksa Dana ini, simak penjelasan berikut.

Pengertian Reksa Dana

Reksa Dana Manulife

Reksa Dana adalah tempat menghimpun dana/modal dari investor/nasabah yang lantas diinvestasikan dan dikelola oleh manajer investasi dalam bentuk portofolio efek. Manajer investasi yang mengelola harus mampu, berpengalaman, dan ahli di bidang investasi, seperti Manulife.

Untungnya, karena dana yang dihimpun berasal dari banyak investor sekaligus, Anda dapat mulai berinvestasi meski cuma bermodal receh. Tergantung dari penyedia layanan, investasi Reksa Dana bahkan dapat dimulai dengan modal mulai dari Rp10.000,00 saja.

Makanya, tidak heran jika Reksa Dana sering dimanfaatkan oleh investor pemula. Lantas, apa saja sih jenis Reksa Dana yang ditawarkan Manulife?

Jenis Reksa Dana Manulife

Manulife menawarkan 5 jenis Reksa Dana yang bisa Anda pilih. Yuk, pelajari dahulu cara berinvestasi, keuntungan, dan risikonya di bawah ini.

1. Reksa Dana Saham

Kalau Anda memilih Reksa Dana jenis ini, maka penempatan modal untuk saham minimal adalah 80%. Tempatkan sisanya 20% untuk instrumen lain yang memiliki risiko lebih rendah.

Reksa Dana Saham memiliki tingkat risiko paling tinggi dibanding jenis yang lainnya, meskipun, tentu saja, imbal hasilnya sudah pasti tinggi. Instrumen ini ideal untuk jangka waktu investasi yang panjang, yakni di atas 5 tahun.

2. Reksa Dana Pasar Uang

Apa itu Reksa Dana Pasar Uang? Reksa Dana Pasar Uang menempatkan investasinya pada instrumen investasi pasar uang dan waktunya kurang dari setahun. Keuntungan Reksa Dana Pasar Uang adalah pasti, jadi investasi ini hampir tidak memiliki risiko. Namun, jumlah keuntungannya relatif sedikit.

3. Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa Dana Pendapatan Tetap hampir mirip dengan Reksa Dana Pasar Uang. Perbedaan Reksa Dana Pasar Uang dan Pendapatan Tetap adalah pada investasinya. Penempatan investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap adalah pada efek surat utang seperti Surat Utang Negara (SUN) dengan jaminan minimal 80 persen.

Oleh karena investasi ditempatkan pada surat utang, maka Reksa Dana Pendapatan Tetap juga relatif tidak terlalu berisiko. Namun, kalau dibandingkan antara Reksa Dana Pasar Uang vs Pendapatan Tetap, investasi ini dapat menjangkau obligasi negara dan korporasi sehingga lebih aman.

4. Reksa Dana Sukuk

Reksa Dana Sukuk, yaitu investasi pada pasar modal yang punya karakteristik serupa deposito syariah. Reksadana Manulife Syariah Sukuk Indonesia bisa dicairkan kapanpun (likuid) dan imbal hasil lebih tinggi 2% daripada deposito syariah.

Pengelolaan dana dilakukan sesuai ketentuan syariah dan halal di mana alokasi modal mayoritas pada sukuk. Reksa Dana Sukuk ideal untuk investasi berjangka pendek dan menjadi pelengkap maupun pelindung nilai investasi.

5. Reksa Dana Campuran

Karena campuran, Reksa Dana jenis ini mengalokasikan modal pada instrumen yang berbeda-beda, misalnya, reksa dana pasar uang online, deposito, dan lain-lain. Ada 3 jenis produk Reksa Dana Campuran, yakni dinamis, berimbang, dan defensif.

Reksa Dana Campuran memiliki tingkat risiko yang lebih rendah dibandingkan Reksa Dana Saham serta lebih mudah ditoleransi. Reksa Dana Campuran cocok untuk investor dari berbagai profil risiko karena dapat menyesuaikan jenisnya.

Setelah membaca informasi di atas, tentu Anda sudah memiliki gambaran tentang jenis Reksa Dana yang hendak dipilih. Sebagai manajer investasi terpercaya dan berpengalaman, Manulife siap membantu memilihkan jenis investasi yang tepat. Kunjungi website Reksa Dana Manulife untuk tau lebih lanjut.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Reksa Dana Manulife"